Jumat, 05 Juni 2020

Antisipasi Kekeringan, Polres Soppeng Manfaatkan Lahan Dukung Ketahanan Pangan

Antisipasi Kekeringan, Polres Soppeng Manfaatkan Lahan Dukung Ketahanan Pangan



Sigapnews.com, Soppeng (Sulsel) -
Saat ini masyarakat Indonesia bukan hanya dihadapkan pada masalah covid 19, tetapi juga permasalahan potensi terjadinya kemarau panjang yang akan melanda beberapa daerah. Dampak dari kemarau panjang ini terutama bagi sektor pertanian adalah keterbatasan dalam ketersediaan air terutama di lahan-lahan pertanian yang bisa berakibat terjadinya krisis pangan.

Surat Edaran Menteri Pertanian No. 03/SE/KN.230/M/25/05/2020 Tentang Antisipasi Terjadinya Krisis Pangan yang muncul akibat Pandemi Covid-19 dan Kekeringan yang akan terjadi pada tahun 2020.

Terkait hal tersebut Kapolres Soppeng melakukan lngkah strategis dengan cepat mengantisipasi krisis pangan akibat perkiraaan akan terjadinya kekeringan dalam waktu yang agak panjang dengan memulai memanfaatkan lahan yang ada.

Dukungan Kapolres terhadap ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Soppeng, Kapolres AKBP Puji Saputro Wibowo Leksono, S.IK,SH memanfaatkan lahan milik Polri Polres Soppeng untuk budidaya tanaman organik, kebun hidroponik, tanaman padi dan budi daya ikan.


Hal tersebut secara resmi dimulai dengan penanaman padi perdana di lokasi lahan Polsek Marioriawa Kecamatan Marioriawa Soppeng pada Jumat 5/6/2020. 

Kegiatan yang dipimpin langsung Kapolres Soppeng Akbp Puji Saputro Bowo Leksono S,Ik S.H juga diikuti para PJU Polres Soppeng.


Pada  kesempatan itu Akbp Puji Saputro Bowo Leksono S,Ik S.H mengungkapkan harapannya "agar masyarakat bisa ikut serta memanfaatkan lahan untuk tanaman organik dan hidroponik".

AKBP Puji Saputro Bowo Leksono berharap agar kiranya kegiatan ini bisa memberikan contoh kepada masyarakat yang mempunyai lahan ikut bersama mendukung ketahanan pangan khususnya di Kabupaten Soppeng. 


Untuk lokasi kebun Hidroponik Polres Soppeng, Kapolres Soppeng memanfaatkan lahan belakang Rujab Kapolres, 

"Selain kebun hidroponik kami juga memanfaatkan lahan sekitar Rujab untuk budidaya ikan, tandasnya.

Selain Polsek Marioriawa, seluruh wilayah Polsek di 6 Kecamatan lainnya juga dipersiapkan untuk lahan kebun organik dan hidroponik Polres Soppeng, pungkas Kapolres Soppeng. (Red/Ady).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved