-->

Jumat, 15 Mei 2020

Tingkatkan Kompetensi Widyaiswara BBPP-BK Melalui Bedah Buku Hidroponik Secara Online

Tingkatkan Kompetensi Widyaiswara BBPP-BK Melalui Bedah Buku Hidroponik Secara Online


Sigapnews.com, Gowa (Sulsel) - Widyaiswara merupakan salah satu profesi yang juga berperan penting dalam mendukung pembangunan pertanian. Tugas pokok dan fungsi widyaiswara dalam melakukan Dikjartih (mendidik, mengajar dan melatih) juga harus didukung dengan kompetensi yang dimilki. 

Di tengah covid 19, widyaiswara tetap  produktif meningkatkan kompetensi yang dimiliki salah satunya adalah dengan mengikuti pelatihan dan bimbingan teknis serta kegiatan lainnya yang dapat mendukung kompetensinya.

Menteri Pertanian  Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam arahannya mengatakan bahwa pelatihan harus tetap jalan, tetapi dengan memanfaatkan online sistem dan elearning, serta memaksimalkan fungsi Agriculture War Room (AWR) Kementan.

Menindaklanjuti arahan tersebut, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi yang bertanggungjawab terhadap peningkatan SDM pertanian, langsung memberikan instruksi kepada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) BPPSDMP untuk tetap berperan aktif ditengah pandemi ini sesuai dengan tupoksi kita, yaitu peningkatan kompetensi SDM pertanian, salah satunya melalui pelaksanaan pelatihan. Tetapi pelatihan konvensional harus di stop dan dirubah menjadi pelatihan-pelatihan yang berbasis online atau tanpa mengumpulkan peserta dalam kelompok dan secara langsung.

Peningkatan kompetensi dilakukan oleh Widyaiswara BBPP Batangkaluku melalui kegiatan bedah buku dan online sharing “Hidroponik Praktis” yang diselenggarakan oleh Perpustakaan Sekretariat Jenderal Kementerian Pertanian Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Tim Penyusun Buku dan Redaksi Majalah Trubus, Riefza Vebriansyah dan Pelatih Hidroponik Trubus, Rizky Faisal. Materi yang disampaikan antara lain pengenalan hidroponik, pengenalan sistem dan nutrisi hidroponik, cara ramu nutrisi hidroponik serta kiat rawat hidroponik. 

Menurut Ir.Reny Hasriani,M.Si, widyaiswara BBPP Batangkaluku yang mengikuti kegiatan bedah buku, kegiatan ini sangat bermanfaat terutama meningkatkan wawasan mengenai hidroponik. “Di tengah covid 19 ini banyak hal yang dapat dilakukan sebagai widyaisawara dalam meningkatkan kompetensi, bukan hanya melalui pelatihan, tetapi dengan kegiatan bedah buku juga dapat menambah wawasan  dan mendukung tugas pokok dan fungsi kami walau hanya lewat online”, ujar Reny. Jumat (15/5/2020).

Tidak berbeda jauh dengan Reny, Ferial,SP,M.Si yang juga widyaiswara BBPP Batangkaluku mengungkapkan bahwa kegiatan bedah buku dan online sharing ini sangat bermanfaat.

"Kegiatan bedah buku dan online sharing bermanfaat bagi  kami selaku widyaiwara,
selain menambah wawasan dan pengetahuan mengenai hidroponik serta memperkaya literasi mengenai hidroponik",ujar Ferial.

Semua pelaku pertanian mulai dari petani, penyuluh, widyaiswara, peneliti dan dosen semuanya terkena dampak dari pandemi covid 19,  tetapi mereka senantiasa tetap bekerja penuh pengabdian secara maksimal khususnya dalam memberikan fasilitasi pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat. (BBPP-BK).

Penulis : Rezky Yulianti
Sumber informasi : Reny Hasriani dan Ferial

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved