-->

Senin, 11 Mei 2020

Petani Kab. Soppeng Hingga Saat Ini Masih Lakukan Panen Lawan Covid-19 Demi Ketersediaan Pangan

Petani Kab. Soppeng Hingga Saat Ini Masih Lakukan Panen Lawan Covid-19 Demi Ketersediaan Pangan


Sigapnews.com, Soppeng (Sulsel) -Kementerian Pertanian (Kementan) Mempunyai tugas dan bertanggung jawab menyediakan pangan bagi seluruh masyarakat Indonesia yang tengah berjuang melawan pandemi Covid-19.

Ketersedian stok pangan sebagai kebutuhan pokok masyarkat menjadi hal yang utama bagi pemerintah. Ungkapan tersebut dibuktikan dengan geliat produksi panen padi di berbagai daerah

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam setiap kesempatan menegaskan petani dan penyuluh adalah pahlawan. Garda terdepan di sektor pertanian yang menjadi harapan, tulang punggung dalam upaya Pemerintah menanggulangi Covid-19.

"Dalam situasi saat ini, spirit keluarga besar Kementan dan semua pelaku pembangunan pertanian termotivasi bekerja maksimal mendampingi petani. Walau dalam kondisi pandemi covid-19, don't stop, maju terus, pangan harus tersedia dan rakyat tidak boleh bermasalah pangan. Setelah panen, segera lakukan percepatan tanam, tidak ada lahan yang menganggur selama satu bulan," kata Mentan Syahrul.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP), Prof Dr Dedi Nursyamsi M.Agr  senantiasa mengingatkan bahwa masyarakat Indonesia semua butuh pangan.

“Masyarakat Indonesia semua butuh pangan. Dari pangan yang sehat dan bergizi maka akan membuat imunitas tubuh yang kuat, otomatis membuat bangsa kita sehat. Dan ketersediaan pangan dan olahan yang sehat itu semua berkat kalian sebagai pahlawan pertanian, sebagai pejuang dalam melawan COVID-19 ini,” tegas Dedi

Di tengah kondisi pendemi Covid-19, penyuluh dan petani sebagai garda terdepan pertanian diminta selalu siap untuk tetap berproduksi dengan tidak mengabaikan protokol kesehatan untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Berdasarkan pantauan di lapangan, penyuluh dan petani masih aktif turun ke sawah. Terlebih saat ini sudah memasuki musim panen raya. Saat ini musim panen masih berlangsung di beberapa daerah di Sulawesi Selatan,  salah satunya di Kelurahan Appanang  Kabupaten Soppeng, tepatnya di Kelompok Tani Addiangge, Kelurahan Appanang, Kecamatan Liliriaja, Kabupaten Soppeng, Provinsi Sulawesi Selatan. Dengan pendampingan penyuluh, petani tetap semangat bekerja melakukan panen untuk menjaga ketersediaan pangan tetap stabil.

Dalam kegiatan panen tersebut, petani didampingi oleh penyuluh pertanian Kelurahan Appanang, Nurlina MenuturKan Bahwa kegiatan panen padi hari ini 11 Mei 2020 dilakukan di atas lahan seluas 6 Ha dengan Varietas padi yang dipanen yaitu ciugelis dengan produktivitas 8 Ton/ ha.
Sebagai informasi tambahan kelurahan Appanang memiliki Potensi panen padi dengan luas hamparan 132 Ha.



Proses pemanenan dilakukan dengan menggunakan alat mesin pertanian (Combine Harvester) dan sebagian secara tradisional akibat akses masuk alsintan ke lahan petani tidak memadai sehingga petani harus turun ke lahan untuk melakukan panen secara manual.



"Kami siap mendampingi petani mulai dari pengolahan lahan sampai panen dan kami berharap petani terus berproduksi dari hulu sampai hilir untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan anmendukung tersedianya pangan bagi rakyat indonesia ditengah kondisi Pandemi Covid-19, " ungkap Nurlina. BBPP-BK.

Penulis  : Asrul (AZR)
Editor  : Jamaluddin Al Afgani
Sumber Data : Nurlina Hamzah

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved