-->

Selasa, 26 Mei 2020

Kepala Balai BBPP Batangkaluku Bersama Jajaran Ikuti HBH Bersama Kementan Via Virtual

Kepala Balai BBPP Batangkaluku Bersama Jajaran Ikuti HBH Bersama Kementan Via Virtual



Sigapnews.com, Jakarta - Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Kementerian Pertanian telah memulai hari kerja setelah Idul Fitri pada hari selasa, 26/05/2020.
Hari pertama kerja diawali dengan kegiatan Halal Bil Halal (HBH) yang dilaksanakan secara virtual dan dipimpin langsung oleh Menteri Pertanian RI, DR. Syahrul Yasin Limpo (SYL).

HBH tersebut di ikuti oleh jajran kementerian pertanian termasuk pegawai yang ada di BBPP Batangkaluku melalui virtual.

Sementara kegiatan ini menghadirkan Ust Muh. Nur Maulana sebagai pembawa hikmah HBH dan dihadiri oleh segenap Pejabat Eselon 1 lingkup Kementan, Staf Ahli Mentan, Staf Khusus Mentan, Pejabat Eselon 2 lingkup Kementan, Kepala UPT lingkup Kementerian Pertanian, Segenap Pejabat Struktural lingkup Kementan beserta staf dan Pejabat Fungsional.

Acara HBH diawali dengan laporan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian, Dr.Ir. Momon Rusmono, M.Si yang dilanjutkan dengan sambutan Menteri Pertanian. Dalam laporannya, Sekjend menyampaikan bahwa kegiatan HBH dilaksanakan di 1.016 titik dengan jumlah peserta kurang lebih 8000 orang yang ikut Vcom secara serentak.

Dalam sambutannya, Menteri Pertanian mengawali dengan menyampaikan selamat Idul fitri 1441 H kepada seluruh jajaran pegawai Kementerian Pertanian dan secara pribadi beliau memohon maaf atas segala khilaf, alfa, dan kesalahan selama berinteraksi dan berkomunikasi.

"Lepaskan beban-beban dendam, sakit dan duka selama berinteraksi antara satu dengan yang lain. Saling memaafkan akan meningkatkan produktifitas kita untuk terus mengabdikan diri dalam kerja mengembangkan dunia pertanian," tutur SYL.

"Suasana Covid memang membatasi ruang gerak kita. Proses pencegahan dan penanganan telah maksimal dilakukan oleh pemerintah. Food security adalah hal yang menajdi penting. Industri banyak yang shutdown, dimana-mana lockdown, tapi produksi pangan tidak boleh berhenti. Oleh karena itu, pahlawan yang sesungguhnya dan harus tetap bergerak adalah petani.

Masyarakat butuh makan dan satu-satunya yang bisa menyediakan pangan adalah petani.

Food security menjadi tugas yang harus kita laksanakan. Seluruh Dirjen dan Kepala Badan tidak boleh berhenti. Harus kerja keras lagi," lanjutnya.

Pada Bagian akhir arahannya, SYL mengajak agar menghadapi Covid-19 dengan kekuatan penuh dari dunia Pertanian. "Terus siapkan makan untuk seluruh rakyat Indonesia," tutupnya.

Usai mengikuti HBH kepala Balai BBPP menyampaikan ke seluruh jajarannya agar tetap pertahankan kinerja dan bertanggung jawab akan tugas pokok dan fungsinya masing-masing, tegas Dr.Sabir, S.Pt, M.Si.

Dr. sabir menyebut, 'Pandemi ini bukan penghalang, untuk tetap memberikan pelatihan kepada penyuluh/petani kita di luar sana untuk membuktikan pertanian itu masih ada. Ini adalah tugas kita, ibadah kita dan tanggung jawab kita bersama, tandas Kepala Balai BBPP Batangkaluku.

Sebelumnya dalam HBH tersebut, Ustadz Maulana dalam tausiahnya menyampaikan bahwa Tema yang diusung dalam kegiatan HBH sangat tepat "Momentum memperkuat sinergi dan etos kerja personil Kementan dalam menghadapi Pandemi COVID 19".

Syawal artinya meningkat. Siapa yang ingin mengetahui keberhasilan ramadhan, maka liat setelah ramadhannya. "Halal Bi Halal artinya saling menghalalkan (membersihkan diri) atau saling bersilaturahmi dan saling memaafkan atas semua salah dan khilaf," jelas Maulana.

"Pertanian aktivitasnya adalah menanam. Apapun yang kita tanam maka akan semakin bsar potensi untuk mendapatkan amal jariah. Ilmu Pertanian yang kita tebar akan menjadi amal jariah untuk kita nikmati manfaatnya sampai di akhirat," tutur Maulana.
Pada bagian akhir, Maulana berdoa untuk seluruh peserta VCom.

Penulis : Jamaluddin Al Afgani
Sumber : Andi Amal Hayat Makmur

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved