Rabu, 22 April 2020

Kartini Pangan Ditengah Pandemi Covid 19, Berjuang Demi Kebutuhan Pangan

Kartini Pangan Ditengah Pandemi Covid 19, Berjuang Demi Kebutuhan Pangan



Sigapnews.com, Pinrang (Sulsel) - Pada Tanggal 21 April 2020 senantiasa kita, Bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Raden Ajeng Kartini yang dikenal dengan Hari Kartini. 

Lahir di Kabupaten Jepara, Jawa Tengah pada 21 April 1879, RA.Kartini merupakan sosok pahlawan wanita yang begitu aktif memperjuangkan kesetaraan hak perempuan 
yang semangat perjuangannya sampai saat ini masih kita rasakan. 

Beliau juga aktif memperjuangkan emansipasi wanita, penyetaraan wanita dengan kaum laki-laki. Wanita yang juga memiliki  peran besar dalam sendi kehidupan, dan sampai saat ini dibuktikan dengan lahirnya wanita-wanita yang hebat disektor Pertanian. 

Sektor pertanian memiliki pelaku utama salah satunya adalah penyuluh pertanian. Banyak dari penyuluh pertanian wanita yang merupakan Kartini-Kartini masa kini dengan sosok-sosok tangguh dilapangan yang setiap saat mendampingi petani dalam memenuhi kebutuhan pangan bagi 267 juta jiwa rakyat Indonesia hingga dimasa wabah covid-19 ini. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta kepada para insan pertanian untuk terus aktif bergerak dan tidak berhenti dalam mengawal ketersediaan pangan rakyat Indonesia. “Tetap produktif ditengah pandemi covid-19, Sektor pertanian tidak boleh berhenti dalam kondisi apapun. Kita harus pastikan tersedianya pangan untuk seluruh rakyat Indonesia,”ujar Mentan. 

Senada dengan anjuran Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP) Dedi Nursyamsi kepada para Penyuluh Pertanian untuk tetap bekerja mendampingi para petani. 

“Penyuluh Pertanian harus aktif dan produktif mendampingi petani agar proses budidaya di lahan sampai masa panen berjalan dengan baik. Jangan sampai ada (komoditas) pangan yang tertahan,” Jelas Dedi.

Banyak penyuluh Kartini masa kini yang tersebar di Indonesia yang walaupun ditengah penyebaran wabah covid 19, mereka senantiasa berada dilapangan mendampingi petani.

Salah satunya adalah Penyuluh Pertanian Ibu Melati Azharida,S.Pt dari BPP  Tiroang Kecamatan Tiroang  Kabupaten Pinrang,Provinsi Sulawesi Selatan.


Beliau adalah salah satu dari sekian banyak penyuluh Kartini di Kabupaten Pinrang. 
Ditengah wabah covid 19 ini, beliau tetap melaksanakan tugas pendampingan dan penyuluhan ke petani binaannya dengan melaksanakan himbauan Menteri Pertanian untuk tetap bekerja dan produktif ditengah pandemi covid 19 tapi tetap mengikuti anjuran Pemerintah untuk mencegah penyebaran covid 19. 

“Saya dan teman-teman penyuluh dilapangan sampai hari ini, menjalankan kewajiban kami sebagai penyuluh pertanian bagian dari Kementerian Pertanian untuk tetap produktif, tetap mendampingi petani dilahan dalam rangka kegiatan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan pangan masyarakat, “ujar Melati, (21/4/2020). 

“Habis Gelap Terbitlah Terang, Biarkan kami penyuluh dan petani sebagai penerang pangan ditengah kegelapan wabah covid 19 ini. Biarkan kami tetap turun ke sawah penuhi kebutuhan pangan, kalian tetap dirumah,” Pungkasnya.(QQ/Al Az) BBPP-BK.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved