-->

Sabtu, 11 April 2020

PPL Hasanuddin : Panen Kedelai Varietas Argomulyo di Kab.Bone Untuk Memenuhi Ketersediaan Pangan Tradisional Dagri

PPL Hasanuddin : Panen Kedelai Varietas Argomulyo di Kab.Bone Untuk Memenuhi Ketersediaan Pangan Tradisional Dagri


Sigapnews.com, Bone (Sulsel) - Kedelai adalah salah satu tanaman jenis polong-polongan yang merupakan bahan dasar pembuatan makanan tradisional yang menjadi makanan favorit bagi keluarga Indonesia. 

Pangan tradisional tersebut yang merupakan pangan sehat antara lain  tahu, tempe dan kecap sebagai olahannya. 

Disamping itu kedelai juga merupakan sumber protein nabati dan minyak nabati dunia. 

Di Indonesia dalam memenuhi kebutuhan bahan pembuatan panganan tradisional yang berbahan dasar kedelai tersebut, sebagian besar kebutuhan dalam negeri masih diimpor langsung dari negara Amerika. 

Sementara saat ini di tengah terpaan Wabah Virus Corona untuk memenuhi kebutuhan dalalam negeri (Dagri), Kelompok Tani Anugrah telah melakukan panen komoditas Kedelai sejak tanggal 6 April 2020 lalu yang bertempat di Kelurahan Mattirowalie Kecamatan Tanete Riatang Barat Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. 

Menurut Penyuluh Pertanian yang membina DI wilayah kelurahan Mattirowalie, Hasanuddin, S.TP bahwa kedelai yang ditanam oleh masyarakat tani ini adalah Varietas Argomulyo dengan luasan penanaman sekitar 10 hektar dengan Produksi yang dihasilkan rata-rata 1,76 ton/ ha. 

Dikatakannya, "Walaupun kita dilanda musibah Wabah Corona namun pertanian harus terus maju, tidak tinggal diam dan pantang menyerah, tegasnya.

Ini dilakukan sambungnya, Sebagaimana himbauan Menteri Pertanian, Bapak Syahrul Yasin Limpo, agar para Penyuluh Pertanian, Petani, dan seluruh insan pertanian  tetap bekerja untuk memenuhi kebutuhan pangan Rakyat Indonesia dan dalam bekerja memperjuangkan ketersediaan pangan supaya tetap menjaga kesehatan dan menjalankan protokol kesehatan yang telah disampaikan oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ungkap Hasanuddin, Ahad (12/4/2020).


Selain itu Hasanuddin menuturkan bahwa, panen kedelai yang di lakukan oleh kelompok tani Anugrah ini salah satunya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan tradisional dalam negeri (Dagri), tandasnya.

"Semoga Pertanian akan terus berkesinambungan untuk menjaga ketahanan pangan Nasional ditengah cobaan yang melanda dunia, pungkas Hasanuddin. (BDP/ERM/JML) BBPP - BK.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved