-->

Jumat, 05 Februari 2021

Kopda Yusri Yusuf Babinsa Koramil 1423 - 05 Marioriwawo Kerahkan Warga " Mabbule Bola ", Berikut Keseruannya

Kopda Yusri Yusuf Babinsa Koramil 1423 - 05 Marioriwawo Kerahkan Warga " Mabbule Bola ", Berikut Keseruannya




Soppeng, Sigapnews.com, - Kegiatan gotong royong mengangkat / memindahkan rumah ( Mabbule Bola ) merupakan hal yang lazim bagi suku Bugis di wilayah Kabupaten Soppeng.

Suku Bugis yang terkenal dengan ciri khas rumah panggung tersebut secara turun temurun masih mempertahankan tradisi unik yakni menggeser posisi rumah atau memindahkan rumah dengan mengangkat rumah secara bersama sama atau bergotong royong.

Setelah rumah yang akan di pindahkan tersebut sudah di persiapkan sedemikian rupa mulai dari pemasangan rangka dari bambu yang menghubungkan seluruh tiang untuk memudahkan warga mengusungnya, maka biasanya warga yang akan memindahkan rumahnya tersebut memilih atau menetapkan hari pemindahannya.

Hari Jum'at adalah hari yang paling sering di gunakan, karena pada hari Jum'at adalah momen berkumpulnya laki laki dewasa untuk melakukan sholat jum'at jadi untuk mengkoordinirnya sudah cukup mudah.

Seperti pada hari ini Jum' at (5/2/21) salah seorang warga Kelurahan Tettikenrarae yang berprofesi sebagai pandai besi dan tersohor dengan panggilan Panre Meri berniat memindahkan rumahnya ala tradisi bugis unik yakni " Mabbule Bola ".

Mengetahui hal itu Babinsa 1423 -05 Marioriwawo yang sehari harinya bertugas di Kelurahan Tettikenrarae Kopda Yusri Yusuf segera mengambil langkah untuk kelancaran acara " Mabbule Bola " tersebut.

Setelah menjalin komunikasi dengan sang pemilik rumah ( Panre Meri ), Kopda Yusri pun menghubungi warga untuk turut serta dalam kegiatan gotong royong tersebut.

Tidak hanya bertindak sebagai salah satu pelopor kegiatan " Mabbule Bola " tersebut, Kopda Yusri Yusuf pun terlibat langsung dalam kegiatan yang berjalan dengan penuh semangat, teriakan teriakan aba aba pun terdengar di sertai canda tawa para warga dan Babinsa dalam mengusung rumah Panre Mire hingga berada pada posisi yang di inginkan.

Salah satu bentuk keseruan yang biasanya muncul pada kegiatan " Mabbule Bola " tersebut adalah biasanya ada warga yang iseng bergelantungan pada bambu pengusung rumah, hal tersebut biasanya menjadi bahan candaan sesama warga untuk mengusir penat apalagi kalau jarak pemindahannya terbilang cukup jauh.

Pada kesempatan tersebut Kopda Yusri Yusuf mengatakan bahwa, alhamdulillah hari ini rumah saudara kita bapak Panre Meri sudah kita pindahkan, terima kasih kepada semua warga yang terlibat baik secara langsung maupun yang tidak langsung, kegiatan ini termasuk sarana memupuk kebersamaan antar warga, sifat tenggang rasa dan gotong royong harus kita jaga, " Ungkapnya.

" Kami dari Koramil 1423/05 Marioriwawo senantiasa akan berada di tengah masyarakat apapyn kondisinya, Kemanunggalan antara Rakyat dengan TNI ini lah yang harus tetap kita jaga, karena TNI berasal dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakyat," Pungkas Kopda Yusri Yusuf.

Di tempat yang sama, Sang pemilik ruumah Panre Meri mengungkapkan terima kasihnya kepada Babinsa Tettikenrarae yang telah peduli dan memotivasi warga untuk turut serta dalam pemindahan rumahnya, terima kasih pak Babinsa yang selalu hadir dalam setiap kegiatan-kegiatan positif yang bertujuan membangun masyarakat dan desa binaannya.

"Semoga dengan adanya kegiatan seperti ini, akan lebih memberikan semangat bagi kami untuk semakin peduli dengan pentingnya gotong royong dan kebersamaan," Tutup Panre Meri. (ANW/JJ)

Sumber : Koramil 1423 - 05 Marioriwawo

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved