-->

Selasa, 27 Oktober 2020

Hari Sumpah Pemuda Ke 92 Bersatu Bangkit, Sekretaris IWO Soppeng Sampaikan Ini

Hari Sumpah Pemuda Ke 92 Bersatu Bangkit, Sekretaris IWO Soppeng Sampaikan Ini




Soppeng, Sigapnews.com, - Sekretaris Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Soppeng yang juga mantan Ketua Dewan Pimpinan Cabang Komite Nasional Pemuda Indonesia Kecamatan Ganra dan mantan pengurus DPD II KNPI Kabupaten Soppeng 2008-2010 Herwan, SH, M.Si mengucapkan selamat hari Sumpah Pemuda yang ke 92 dengan Bersatu Bangkit. Rabu (28/10/2020).

Bertepatan dengan hari kelahirannya Rabu 49 tahun silam Herwan menyampaikan bahwa pemuda Indonesia khususnya pemuda yang ada di Kabupaten Soppeng provinsi Sulawesi Selatan harus tetap mengobarkan semangat kepemudaan dalam setiap pergerakan dalam mengisi kemerdekaan dan atau mendukung program-program pemerintah yang berpihak kepada rakyat, ucapnya.

Dikatakannya, Pemuda harus tetap berinovasi, jangan hanya tinggal instan tanpa kreasi apa lagi saat ini di era industrial Four Zero (4.0) membutuhkan Skill dengan persaingan globalisasi yang semakin ketat tentu dibutuhkan kecerdasan berpikir dan berkarya. Paparnya.

Begitupun saat ini khususnya dikabupaten Soppeng yang sedang dan akan melaksanakan pesta demokrasi pemilukada maka para pemuda harus punya semangat dan kepedulian yang tinggi dalam menyukseskan pilkada damai yang berkeadaban, tutur mantan Kades Enrekeng Kecamatan Ganra 2 periode ini.

Kebangkitan semangat pemuda sangat berpengaruh dalam pembangunan saat ini, semangat itu dapat berbentuk ide, gagasan bahkan semangat gotong royong dengan budaya yassisoppengi harus tetap berkobar, tandas mantan pengurus ikatan cendekiawan muda Kabupaten Soppeng ini.

"Saya berharap di hari Sumpah Pemuda yang ke 92 ini, para pemuda untuk tetap membangkitkan semangat dan bersatu, jangan pernah kendor, jangan hanya jadi penikmat sejarah, penikmat informasi dan menerima apa yang menjadi suguhan akan tanpa karya tetapi berbuatlah menjadilah pelaku seharah dimanapun aktivitasnya, pungkas Herwan yang juga mantan pengurus Karang Taruna DPD II Kabupaten Soppeng masa kepemimpinan HA. Kaswadi Razak.

Untuk diketahui Setiap 28 Oktober diperingati sebagai Hari Sumpah Pemuda yang merupakan salah satu pencetus atau tonggak yang membakar persatuan serta semangat golongan-golongan muda dalam mewujudkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Peringatan Sumpah Pemuda mengacu kepada tiga ikrar yang dicetuskan dalam Kongres Pemuda II di Batavia (Jakarta) tanggal 28 Oktober 1928.

Tahun ini, tepat 92 tahun yang lalu, para pemuda Indonesia mengucapkan ikrarnya untuk bertumpah darah, berbahasa, dan berbangsa Indonesia.

Ikrar Sumpah Pemuda tersebut menjadi bagian dari perjalanan panjang bangsa Indonesia dalam merebut kemerdekaannya.

Adapun isi dari Sumpah Pemuda tersebut adalah sebagai berikut :

Pertama:

Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia.

Kedoea:

Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia.

Ketiga:

Kami poetra dan poetri Indonesia mendjoendjoeng bahasa persatoean, bahasa Indonesia.


(IWO).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved