Selasa, 14 Juli 2020

Besok Mulai, Bahaya Mengancam Paslon di Tahapan Coklit Pemilih

Besok Mulai, Bahaya Mengancam Paslon di Tahapan Coklit Pemilih



Sigapnews.com,-Tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) Data Pemilih Pilkada, akan dimulai, Rabu, 15 Juni 2020, besok.

Untuk diketahui, tahapan coklit dilakukan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) yang ada di setiap TPS. Setiap TPS mempunyai satu orang PPDP yang akan berkeliling dari rumah ke rumah dalam wilayahnya untuk melakukan singkronisasi daftar pemilih yang telah mereka terima dari KPU. Sesuai PKPU No. 5 tentang jadwal dan tahapan Pilkada, kegiatan itu akan berlangsung dari tanggal 15 Juli - 13 Agustus 2020.

Pengamat kepemiluan, Dr. Nurmal Idrus, mengingatkan semua bakal pasangan calon untuk mewaspadai tahapan ini karena merupakan titik krusial menuju pemungutan suara. "Banyak yang mengabaikan tahapan ini, padahal inilah titik paling krusial di pemilu. Sebab, dalam kegiatan ini PPDP akan menyeleksi dan memastikan siapa yang akan ke TPS dan siapa yang tak bisa ke TPS," ujar mantan komisioner KPU ini. Selasa malam, (14/7/2020).

Tim paslon, kata Nurmal, kemungkinannya akan salah perhitungan tentang prediksi perolehan suara dikemudian hari jika melewatkan tahapan ini tanpa pengawalan. 

"Boleh jadi tim Paslon sudah menghitung dengan baik jumlah dukungannya di sebuah TPS, tetapi kemudian meleset pasca pemungutan suara. Hal itu bisa terjadi dia tak menduga ternyata sejumlah pendukungnya tak masuk dalam daftar pemilih karena terlewatkan oleh PPDP," tambahnya. 

Jika seorang pemilih terlewatkan dalam proses coklit, dan kemudian tak ada perubahan hingga penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), maka dipastikan pemilih tersebut tak akan mendapat formulir C6 yaitu surat pemberitahuan pemilih. 

"Jika tak mendapat C6 memang masih bisa ke TPS dengan membawa eKtp, tetapi sebagian besar pemilih kita enggan ke TPS jika tak memegang C6. Itu wajar karena dalam formulir itu terdapat keterangan TPS sebagai tempat memilih dan mereka baru bisa memilih di atas jam 12 siang," tukasnya. 

Untuk itu, Nurmal menyarankan semua tim Paslon untuk mengawal dengan baik tahapan ini paling tidak pada setiap desa/kelurahan di wilayahnya.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved