Jumat, 01 Mei 2020

Yanto Penyuluh Pertanian Sidrap, Semangat Turun Ke Lapangan Dampingi Kegiatan Petani

Yanto Penyuluh Pertanian Sidrap, Semangat Turun Ke Lapangan Dampingi Kegiatan Petani



Sigapnews.com, Sidrap (Sulsel) - Di tengah wabah Covid-19 banyak pekerja harus work from home untuk memutus mata rantai penularan virus, namun hal ini tidak berlaku bagi petani dan penyuluh pertanian. Mereka tetap bekerja di garda terdepan untuk menyediakan pangan bagi rakyat Indonesia. 

Sama halnya yang terjadi di Desa Polewali Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap , meskipun bulan ramadhan, Kelompok tani   Mappada Upe binaan Bapak Yanto Arbanu selaku PPL Kostratani Tellulimpoe dengan penuh semangat mengolah lahan sawah  dihamparan seluas 65,00 Ha. 

Peran kostratan Ditengah wabah Covid-19 merupakan ujung tombak dalam rangka mengawal ketersediaan pangan seperti yang telah disampaikan oleh Menteri Pertanian Indonesia Syahrul Yasin Limpo bahwa pangan merupakan kebutuhan dasar manusia yang tidak boleh tertunda apalagi berhenti. Begitupula kegiatan olah tanah, olah tanam, hingga panen oleh petani didampingi penyuluh harus tetap berlangsung  meskipun ditengah pendemi ini. 

Sejalan dengan itu Kepala Badan Pengembangan SDM Pertanian Prof Dedi Nursyamsi , juga menegaskan bahwa masalah pangan adalah masalah yang sangat utama yang menentukan hidup matinya suatu bangsa dimana petani tetap semangat tanam, semangat olah dan semangat panen ini membuktikan pertanian tidak berhenti ditengah wabah covid 19 dan meminta kepada para penyuluh pertanian untuk tetap bekerja mendampingi para petani. 


Menurut penyuluh Lapangan Bapak Yanto , kami bersama tim selalu turun ke lapangan mendampingi kegiatan petani, apalagi saat ini sedang dilaksanakan pengolahan lahan oleh Kelompok Tani Mappada Upe , kami perlu mendampingi dan mengarahkan agar tanaman padi tumbuh dengan baik dan Memperoleh hasil yang memuaskan. Kamis (30/4/2020).

Menurut  Ketua Poktan Mappada upe, Muh. Adam  mengatakan keberadaan Penyuluh di lapangan sangat membantu, karena  selalu dibimbing dan diarahkan dalam budidaya padi khususnya pengolahan lahan , selain itu penyuluh pertanian selalu mengarahkan para petani untuk tetap waspada terhadap penyebaran Covid 19 dengan menghindari kerumunan, memakai masker , menjaga jarak  serta sesering mungkin mencuci tangan. 

Penulis : Erma Dewi 
Editor    : Al Az
Sumber  data : Yanto Arbanu / Penyuluh Pertanian BPP Tellulimpoe

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved