-->

Jumat, 15 Mei 2020

Penyaluran BST Kemensos di Gowa Tetap Lakukan Protokol Kesehatan

Penyaluran BST Kemensos di Gowa Tetap Lakukan Protokol Kesehatan



Sigapnews.com, Gowa -Kementerian Sosial (Kemensos) RI mulai menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kabupaten Gowa melalui PT Pos Indonesia.

Berbeda dengan penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) desa maupun Kelurahan yang diantar langsung ke rumah masing-masing penerima, pembagian BST Kemensos ini dilakukan dengan memanfaatkan fasilitas umum yang itu dilakukan di sekolah-sekolah.

Walaupun demikian, Kepala Dinas Kabupaten Gowa, Syamsuddin Bidol mengatakan penyaluran bantuan ini tetap memperhatikan protokol kesehatan apalagi di masa pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar PSBB di Kabupaten Gowa.

"Kami pakai sekolah yang menjadi wewenang Pemkab seperti SD SMP yang ada. Termasuk kita komunikasi ke provinsi untuk SMA yang sekarang kan tidak sekolah, jadi kita dipakai itu. Karna di situ yang paling representative itu kita terapkan itu physical distanching," ujarnya.

Syamsuddin Bidol menjelaskan para KPM ditempatkan di setiap. Dimana setiap meja dalam kelas ini diatur agar berjarak. Satu bangku hanya di isi oleh satu orang saja agar tidak berdempetan.

"Jadi petugas PT Pos yang pindah dari kelas kelas. Kalau tuntas satu kelas pindah lagi di kelas yang lain terus sampai selesai. Filosofinya tetap kita yang mendatangi penerima. Kalau BLT door to door maka BST ini kita dari kelas ke kelas," jelasnya.

Agar penyaluran tetap tertib, Pemkab Gowa melibat pemerintah setempat seperti Kecamatan dan lurah atau desa serta melibatkan petugas kepolisian dan TNI yaitu Babinsa dan Bhabinkamtibmas.

Sementara itu, untuk jumlah KPM penerima BST di Kabupaten Gowa sebanyak 18.667 kepala keluarga (KK). Penyaluran BST di Kabupaten Gowa melalui tiga lembaga yaitu BNI, BRI dan PT Pos Indonesia. Penyaluran melalui bank sebanyak bank 2.218 KPM dan melalui Pos sebanyak 16.449 KPM.

"Jadi yang sudah ada rekeningnya ditransfer saja ke rekening masing-masing. Dan 16.449 melalu PT Pos. Inilah yang sementara kita salurkan ke 18 kecamatan dengan pola tadi yaitu dari kelas ke kelas," tandasnya.

Syamsuddin menambahkan penyaluran BST Kemensos ini sudah dimulai sejak Selasa (12/5) lalu dan ditargetkan rampung hari ini.

"Awalnya kita upayakan 2 hari. Tapi dengan jangkauan yang luas, dengan sistem peralatan dan aplikasinya yang sedikit rumit. Makanya ini menjadi pertimbangan semua, sehingga cari amannya juga alat dibawa kemana-mana. Tapi Hari ini kita upayakan rampung," tandasnya.

Hal senada juga dikatakan oleh Account Executive. PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Makassar, Irfan Adnan Kasogi saat melakukan penyaluran BST di Sekolah Dasar (SD) Unggulan Bontomanai Kecamatan Bontomarannu. 

Menurutnya, pihaknya tetap memperhatikan protokol kesehatan di masa pendemi Covid-19 sesuai anjuran pemerintah. Semua bangku yang ada dalam kelas diatur dengan jarak sesui protokol kesehatan yang kemudian ditempati oleh KPM.

"Penerima kita arahkan untuk tetap jaga jarak agar tidak terlalu berdekatan. Kami siapkan 3 juru verifikasi untuk penerima KPM dan ada 2 juru bayarnya. Jadi disebut sesuai antrian, nanti kalau sudah menerima dan diverifikasi dia sudah tenerima uangnya kemudian diarahkan langsung pulang dan diisi oleh penerima berikutnya," tandasnya.(JN).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved