Kamis, 23 April 2020

Penyuluh dan Petani Seirama Support Kostratani

Penyuluh dan Petani Seirama Support Kostratani



Sigapnews.com, Sidrap (Sulsel) - Di tengah wabah Covid-19 banyak pekerja harus work from home untuk memutus mata rantai penularan virus, namun hal ini tidak berlaku bagi petani dan penyuluh pertanian. Mereka tetap bekerja di garda terdepan untuk menyediakan pangan bagi rakyat Indonesia.

Komando Strategis Pembangunan Pertanian ( Kostratani) yang kegiatannya berpusat di kecamatan saat ini gencar dalam penyediaan stok pangan di tengah wabah covid  untuk menopang stok beras, seperti panen padi  yang dilakukan kelompok tani ( Poktan) Sipurennue, Desa Polewali Kecamatan Tellu Lempoe Kabupaten Sidrap.


Menteri Pertanian , Syahrul Yasin Limpo dalam berbagai kesempatan mengungkapkan bahwa sektor pertanian untuk terus memproduksi demi menjaga ketersediaan pangan dalam negeri untuk 267 juta penduduk Indonesia, ditambahkan juga bahwa kehadiran kostra tani membuat pertanian jauh lebih mandiri dengan pengolahan jauh lebih modern.

Hal senada juga disampaikan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian , Dedi Nursyamsi juga menegaskan bahwa “Peran Kostra tani sangat penting untuk lebih meningkatkan produksi pertanian dan ekspor dengan basis IT. 


Kostra Tani ini, ibarat menu lengkap , dari hulu hingga hilir pertanian akan menjadi maju, mandiri dan modern. Apalagi di saat wabah corona atau Covid-19 yang sedang menyerang, Peran Kostra Tani ini menjadi meningkat dalam menyadiakan stok pangan dan Ini membuktikan pertanian tidak berhenti.

Kostra Tani Juga mengawal panen ditengah  mewabahnya Virus Covid -19 , Para penyuluh Kostra Tani tetap menjadi pelopor pemerintah dalam pendampingan petani, dimana penyuluh pertanian tetap melakukan pembinaan, pendampingan dan pengawalan aktivitas pertanian  di lapangan meskipun adanya pembatasan kunjungan di wilayah binaan.


Hal tersebut dibuktikan dari Semangat Petani bersama Penyuluh Pertanian  Bapak Yanto Arbanu  dari BPP Kostratani Tellu Limpoe dalam mendampingi panen padi varietas inpari 32 di luas lahan 75 Ha dengan produktivitas 7 Ton/ Ha yang dilakukan kelompok Tani Sipurennue , Desa Polewali Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap. 

“Ditengah maraknya pendemi covid 19, para penyuluh pertanian harus terus melakukan pendampingan ke petani dalam pengelolaan usaha taninya, agar ketersedian pangan nasional khususnya padi,, dapat selalu tersedia setiap saat, dalam pendampingan ini tetap memperhatikan SOP penanganan Covid 19, agar penyuluh dan petani tetap sehat dan terhindar dari Covid 19 ,, Ungkap Yanto Arbanu.

Penulis : Erma Dewi 
Sumber  data : Yanto Arbanu / Penyuluh Pertanian BPP Tellulimpoe.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved