-->

Kamis, 09 April 2020

Klp Tani Binaan P4S Shafana Cakrawala Maros Manfaatkan Limbah Ternak Menjadi Biogas

Klp Tani Binaan P4S Shafana Cakrawala Maros Manfaatkan Limbah Ternak Menjadi Biogas



Sigapnews.com, Maros (Sulsel) Salah satu anggota Kelompok Tani Binaan P4S Shafana Cakrawala Zainuddin kabupaten Maros Provunsi Sulawesi Selatan telah melakukan pengolahan limbah ternak menjadi biogas. 

Zainuddin yang kerap di sapa Bapak Ambo selaku pemilik biogas telah merasakan manfaat penggunaan biogas kurang lebih Lima tahun terakhir.

"Alhamdulillah sudah lima tahun saya merasakan manfaat biogas ini dan sampai saat ini belum ada kendala, katanya.

"Inilah manfaat mengolah limbah pertanian, meskipun ada anjuran tidak meninggalkan rumah karena covid 19 tetapi umumnya orang kalau gas habis pasti kita harus keluar rumah, tandas pak Ambo.

Dikatakannya "Berbeda dengan kami, meskipun bukan musim Corona jika gas habis tidak perlu keluar rumah cari gas karena cukup memanfaatkan limbah ternak, ungkapnya.

Menurutnya, banyak manfaat yang di rasakan dengan menggunakan biogas, selain mengurangi biaya untuk beli gas, juga dapat menjadi media penerang jika mati lampu sehingga tidak perlu ke warung untuk cari lilin. 


Lanjutnya menjelaskan bahwa , manfaat lain dari biogas, kandang sapi lebih bersih dan tidak bau dengan adanya Biogas tersebut, serta limbah biogasnya dimanfaatkan untuk menjadi pupuk, tukasnya.

Pupuk yang dihasilkan dalam bentuk padat dan cair yang bisa dimanfaatkan untuk tanaman, baik di sawah ataupun tanaman di halaman rumah yang berupa sayuran maupun bunga-bunga. 

Selain itu tanaman juga lebih sehat dan hasilnya juga menyehatkan manusia karena tidak menggunakan bahan kimia. 

"Alhamdulillah, tanaman sayuran dengan hasil pupuk kandang membuat badan jadi sehat karena mengurangi bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh, lanjut pak Ambo yang meskipun diusianya yang sudah mencapai 72 tahun masih sehat bugar. 

Biogas ini dihasilkan dari hasil pemanfaatan limbah kotoran sapi  yang masih baru kemudian diencerkan dengan air dengan perbandingan 1:1, yang artinya 1 kg limbah kotoran padat diencerkan dengan air 1 liter.

Inilah limbah yang membawa berkah, tutur Pak Ambo diakhir obrolannya. *(JML) BBPP-BK*


#kementerian pertanian
#bppsdmp
#bbppbatangkaluku
#p4s
#pertaniancegahcovid19
#pertaniantidakberhenti

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved