Jumat, 24 April 2020

Jaga Stok Beras Tetap Ada, Kelompok Tani Kab. Sidrap Lakukan Panen Padi

Jaga Stok Beras Tetap Ada, Kelompok Tani Kab. Sidrap Lakukan Panen Padi


Sigapnews.com, Sidrap (Sulsel) - Pandemi covid-19 tidak menghalangi aktivitas pertanian di Kabupaten ini, ini Terbukti  pada minggu ketiga April ini petani semangat dan giat melakukan panen padi. 
Kostratani sebagai program strategis pertanian turut berperan tinggi dalam penyediaan stok pangan di tengah pandemi Covid-19.

Dengan Kostratani pertanian lebih maju mandiri bahkan dengan pengolahan yang lebih modern. Tetap produltif ditengah pandemi covid-19, Sektor pertanian tidak boleh berhenti dalam kondisi apapun Kita harus pastikan tersedianya pangan untuk seluruh rakyat Indonesia, Hal ini ditegaskan
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) beberpa waktu lalu.

Senada dengan Dedi Nursyamsi, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian  (BPPSDMP), Kostratani ini ibarat menu lengkap , dari hulu hingga hilir pertanian akan menjadi maju, mandiri dan modern.

"Apalagi di saat wabah corona atau Covid-19 yang sedang menyerang, Peran Kostratani ini menjadi meningkat dalam menyadiakan stok pangan dan ini membuktikan pertanian tidak berhenti," Jelasnya.

Petani bersama Penyuluh Pertanian Bapak Riswan Cewang dari BPP/Kostratani Tellu Limpoe membuktikan kerja nyatanya dalam mendampingi panen padi varietas Inpari 32 di luas lahan 30,85 Ha dengan produktivitas 7,2 Ton/Ha yang dilakukan Kelompok Tani Rijang Panua, desa Pajalele Kecamatan Tellu Limpoe Kabupaten Sidrap.

Riswan Cewang juga menjelaskan bahwa penyuluh bertugas menjaga proses panen tetap berlangsung aman. Selain itu mereka memberikan bimbingan kepada petani tentang tata cara panen saat situasi  darurat ini, sesuai dengan protokol pengamanan covid-19, Jumat (25/4/2020)

Tetap  menggunakan masker/penutup wajah, menjaga jarak aman (physical distancing), saat melakukan aktifitas panen dan senantiasa mencuci tangan dengan sabun setiap selesai melaksanakan aktifitas. Ditengah mewabahnya pandemi covid-19 tidak menghalangi kami untuk tetap produktif. ungkap Riswan Cewang.

Penulis : Heppy
Editor    : AL AzIz
Sumber Data : Riswan Cewang Penyuluh Pertanian BPP Tellu Limpoe

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved