-->

Selasa, 07 April 2020

Di Tengah Covid 19, P4S Insan Cemerlang Binaan BBPP Batangkaluku Panen Kakao

Di Tengah Covid 19, P4S Insan Cemerlang Binaan BBPP Batangkaluku Panen Kakao



Sigapnews.com, Bantaeng (Sulsel) -Pusat Pelatihan Pertanian dan Perdesaan Swadaya (P4S) merupakan kelembagaan pelatihan/permagangan petani yang tumbuh dan berkembang dari petani, oleh petani, dan untuk petani yang secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian di wilayahnya.

Salah satu P4S yang menjadi binaan BBPP Batangkaluku adalah P4S Insan Cemerlang yang berlokasi Desa Pattallassang, Kecamatan Tompobulu, 
Kabupaten Bantaeng. 

Komoditas andalan P4S Insan Cemerlang adalah tanaman kakao. 

P4S Insan Cemerlang memiliki populasi tanaman kakao 500 Pohon dengan produksi 3,5 Ton Basah/Tahun. 

Saat ini kondisi kakao P4S sudah memasuki masa panen, meskipun terjadi wabah Covid 19,  Ketua P4S Insan Cemerlang di Bantaeng masih melakukan panen Kakao. 

Menurut ketua P4S, Kakao adalah salah satu komoditas perkebunan yang sangat strategis, oleh karenanya meskipun ada anjuran untuk tetap di rumah, kami tetap melaksanakan panen di kebun. 

Pertimbangannya sederhana, selain interaksi dengan orang luar minim, memetik kakao juga membuat fisik semakin sehat karena berkeringat. 

Kakao merupakan salah satu diantara tujuh komoditas strategis perkebunan dalam menggenjot devisa negara selain kopi, jambu mente, lada, vanili dan pala.

Menurut Direktorat Jenderal Perkebunan, dalam 5 tahun kedepan Kementerian Pertanian telah menetapkan target utama untuk meningkatkan ekspor 3 kali lipat salah satunya komoditas kakao yaitu peningkatan produksi sebesar 7% sampai tahun 2024.(SMY, JML) BBPP-BK

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved