Selasa, 03 Maret 2020

BBPP Batangkaluku Menggelar Pelatihan Fungsional Alih Kelompok Bagi Penyuluh Pertanian

BBPP Batangkaluku Menggelar Pelatihan Fungsional Alih Kelompok Bagi Penyuluh Pertanian

Sigapnews.com, Batangkaluku - Peningkatan kemampuan penyuluh pertanian menjadi sangat penting dan harus terus ditingkatkan, salah satu strategi untuk meningkatkan kompetensi kerja penyuluh pertanian adalah melalui penyelenggaraan Pelatihan alih kelompok bagi penyuluh pertanian yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, Kabupaten Gowa, Sulsel, Selasa, 03/03/2020.

Disaat yang sama BBPP Batangkaluku juga menyelenggarakan Pelatihan Vokasi Alsintan Angkatan II dan Pelatihan Manajemen UPJA Angkakatan II.

DR. Sabir, S. Pt, M.Si Kepala BBPP Batangkaluku membuka pelatihan ini yang dalam arahannya menjelaskan tujuan pembangunan pertanian yang penting dan perlu diwujudkan yaitu (1). Program Pertanian kali ini dapat menyediakan/mencukupi pangan untuk 267 Juta Jiwa (2). Peningkatan Kesejahteraan Petani dan Masyarakat (3). Menikatkan eksport.

“Untuk mendukung kegiatan tersebut maka perlu dilakukan peningkatan produksi melalui peningkatan provitas dan penambahan luas area dengan mengubah lahan rawa menjadi lahan yang dapat ditanami padi.

Selanjutnya petani digiring untuk meningkatan produksi, hingga menciptakan produk olahan hasil pertaniannya.

Agar program ini berhasil, kualitas produksi harus dijaga dan harus berjalan secara terus menerus dengan memanfaatkan metode dan teknologi yang berkembang,” Ungkapnya.

Demi mewujudkan ketahanan pangan nasional Mentan saat ini membuat program seperti gerakan Kostratani yang terhubung dengan gerakan pembangunan pertanian baik itu dalam program pertanian masuk sekolah, grasida, sikomandan, family farming dan lain sebaginya.

“Adapun bantuan ALSINTAN yang ada didaerah harus dimanfaatkan sebaik-baiknya, jika ada permasalahan dalam penggunaannya, maka kelompok tani tersebut dapat melaporkan sehingga ALSINTAN tersebut dapat dialihkan ke kabupaten/kelompok yang dapat membutuhkan,” ungkapnya.

Sabir juga menekankan bahwa Pemerintah juga  meluncurkan program prioritas agar mendukung kesejahteraan tersebut yaitu Kredit Usaha Rakyat (KUR) sehingga petani dapat menumbuh kembangkan kapasitas usahanya.

Seperti arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) beberapa waktu lalu untuk terus  mendorong petani memanfaatkan Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Dikesempatan yang sama Kabid. Penyelenggaraan Pelatihan BBPP Batangkaluku,  Rosdiana, S.Pi, MM Menambahkan bahwa di sini tidak hanya di bina untuk meningkatkan kompetensi saja, tapi juga sosialisasi, etos kerja, meningkatkan kepribadian masing - masing sehingga menjadi lebih baik.

Sebelum menutup arahannya, sekaligus membuka kegiatan pelatihan ini sabir berharap agar seluruh peserta fokus melaksanakan pelatihan ini hingga menjadi tenaga yang kompeten nantinya.

Beliau juga berpesan bahwa kedepannya nanti sertifikasi menjadi hal yang penting, agar keahlian mereka mendapat pengakuan dari publik,“ tutupnya. (Red/Al-Az).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved