-->

Senin, 24 Februari 2020

Salwing Penyuluh Agama Lalabata Hatamkan Al'Quran Untuk Almarhum Taufik Adam

Salwing Penyuluh Agama Lalabata Hatamkan Al'Quran  Untuk Almarhum Taufik Adam

Sigapnews.com, Soppeng, Tenaga Penyuluh Lalabata Salwing, S.Pd menghadiri penghataman Al Qur'an di rumah duka Almarhum Taufik Adam yang di langsungkan di jalan Kemakmuran Hotel Makmur, Senin (24/2/2020).

Kehadiran Salwing di rumah duka tersebut dalam rangka menghatamkan Al Qur'an untuk Almarhum Taufik Adam salah satu tokoh masyarakat di bumi latemmamala yang meninggal pada Senin hari ini 24/2/2020.

Dalam kegiatan penghataman tersebut Salwing bersama KM.Sukri dan beberapa santri Tahfidz.

Foto : Para Santri Tahfidz

Salwing yang juga imam masjid lembaga pemasyarakatan kelas II A kabupaten Soppeng tersebut saat di jumpai mengatakan bahwa  hukum seseorang yang membaca Al-Quran untuk arwah orang mati ada beberapa pendapat.

Membaca Al-Quran dengan maksud menghadiahkan pahalanya kepada seorang muslim yang telah mati, tentang hal ini ada dua pendapat.

1. Perbuatan ini tidak ada tuntunannya dalam syariat dan orang mati tidak lagi memperoleh manfaat dari bacaan Al-Quran ini.

2. Orang yang mati memperoleh manfaat dari bacaan ini. Seseorang boleh membaca dengan niat pahalanya untuk si A atau si B yang muslim, baik ia masih kerabat atau bukan kerabat.

Pertimbangan:

Pendapat yang lebih kuat adalah pendapat kedua karena membaca Al-Quran termasuk kategori ibadah yang pahalanya boleh dipindahkan kepada orang yang telah mati. Hal ini sebagaimana tersebut pada Hadits Sa’ad bin ‘Ubadah ketika ia mewakafkan kebunnya untuk ibunya, dan juga tersebut pada Hadits tentang kasus seorang shahabat laki-laki yang berkata kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa ibunya yang telah lumpuh sampai meninggal, “Saya mengira bahwa seandainya beliau masih dapat berbicara sewaktu hidupnya, niscaya ia akan mewakafkan hartanya. Apakah sekarang saya boleh mewakafkan harta atas namanya?” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab, “Ya.”

Ini adalah kasus-kasus individual yang menunjukkan bahwa menghadiahkan pahala ibadah kepada seorang muslim dibolehkan, begitu pula membaca Al-Quran. Akan tetapi, yang lebih baik adalah Anda cukup mendoakan orang yang telah mati tersebut, sedangkan amal-amal shalih yang Anda lakukan untuk diri Anda sendiri, karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, yang artinya ;

“Apabila manusia telah mati maka amalnya terputus, kecuali tiga hal: sedekah jariyah (wakaf), ilmu yang terus memberi manfaat, atau anak shalih yang mendoakan kebaikan dirinya.”

Foto : Alamarhum Taufik Adam

Inna lillaahi Wainnaa Ilaihi Raji'un, Semoga Arwah Almarhum di terima di sisi Allah SWT dan di ampuni segala dosa dan khilaf selama hidupnya, Aamiin YRA, pungkas Salwing.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved