-->

Rabu, 08 Desember 2021

Dinilai Berpotensi Terjadi Bencana, Kades Paroto Pindahkan 2 Rumah Warga

Dinilai Berpotensi Terjadi Bencana, Kades Paroto Pindahkan 2 Rumah Warga


Soppeng, Sigapnews.com,-Akibat insentitas hujan yang sangat tinggi sehingga sejumlah wilayah khususnya di kecamatan Lilirilau kabupaten Soppeng Sulawesi Selatan terendam air sebagai akibat dari meluapnya sungai WalanaE.

Termasuk di wilayah Desa Paroto kecamatan Lilirilau sebagian pemukiman warga juga dipenuhi genangan air meski tak begitu tinggi hingga ke dasar lantai rumah penduduk berupa rumah panggung tersebut.


Namun dengan kondisi demikian, kekwatiran pemerintah Desa Paroto dengan pemikiran bakal berpotensi terjadi bencana khususnya rumah warga di sekitar bantaran Sungai sehingga dengan inisiatif Kepala Desa Paroto Makmur, S.IP mengkomunikasikan hal itu kepada kepala Dusun dan Babinsa bersama warga yang berada di kampung Cempa.

Kepala Desa Paroto Makmur mengungkapkan, "Kemarin, hari Selasa 7 Desember arus air sungai walanaE meluap deras dan hari ini Alhamdulillah sudah surut, ucapnya.


Dengan kondisi yang sudah surut maka kami pemerintah Desa bersama Babinsa Sertu Herianto yang dibantu warga mengevakuasi 2 rumah penduduk yang berada di pinggir sungai yang sangat berpotensi terjadi bencana, tutur Makmur.

"Iya, 2 rumah warga tersebut dipindahkan ke lokasi lain, dan hal itu dilakukan karena sudah hampir jatuh di sungai yang di kwatirkan ketika air sungai terus tak terelakkan dan mengikis daratan sekitar rumah warga akan menimbulkan bencana bagi warga, tandasnya.

Selain itu di kwatirkan akan terjadi banjir susulan, terang Kades Paroto.

Olehnya itu dengan gerak cepat kami mengambil langkah bersama Babinsa dan warga bergotong royong pindahkan rumah warga, pungkas Kades Paroto.

Published : Edil Rauf

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved