Senin, 04 Mei 2020

Kelompok Tani Sido Maju Desa Wawouru Atasi Masa Corona Dengan Padi Varietas Trisakti

Kelompok Tani Sido Maju Desa Wawouru Atasi Masa Corona Dengan Padi Varietas Trisakti



Sigapnews.com, Konsel (Sultra) - Wabah Corona menjadi ancaman bagi dunia saat ini  tidak terkecuali dengan Indonesia. Berbagai sektor yang terkena dampak negatif dengan adanya wabah ini tetapi tidak dengan sektor pertanian.

Wabah ini memberikan dampak positif bagi mereka pelaku utama sektor pertanian, mereka lebih semangat untuk bekerja menyediakan pangan bagi masyarakat.

Semangat ini ditunjukkan salah satunya oleh Kelompok  Tani Sido Maju Desa Wawouru Kecamatan Palangga Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) yang tetap menanam padi varietas Trisakti dengan luasan lahan 1,5 Ha. 


Menurut Penyuluh Pertanian Lapangan Sri Wijaya,SP, dari BPP Palangga yang mendampingi Kelompok  Tani Sido Maju saat melakukan penanaman, bahwa varietas Trisakti ini telah lama diketahui olehnya dan banyak keunggulan yang bisa didapatkan dari varietas ini. 

“Dari informasi yang kami peroleh, bahwa varietas Trisakti ini  sebagai benih yang genjah, cepat panen (75 hst), perawatannya mudah, hasil bagus dan tahan rebah. Potensi hasil yang didapatkan pun lumayan yakni hingga 7 ton per hektar. Jadi satu tahun bisa dipanen 4 kali jika kebutuhan air tercukupi, sehingga, varietas ini sangat cocok untuk kondisi pandemic covid 19 ini," ujarnya, Senin (4/5/2020).


Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL ) menyatakan masa Pandemi Covid 19 ini adalah saatnya semua ini bergerak untuk membantu dan meyakinkan  bahwa kedepan akan lebih baik. Negara sedang dalam kondisi yang kurang biasa, dan kita sebagai Pejabat Pemerintah di bidang Pertanian harus hadir untuk menyelamatkan 267 juta jiwa Penduduk Indonesia.

Menurut Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Dedi Nursyamsi Kunci sukses  pembangunan pertanian adalah Sumber Daya Manusia dan Kepala Badan bertekad untuk memperkuat SDM Pertanian di mulai dari Petani, Penyuluh hingga generasi muda yang masuk di Politeknik Pembangunan Pertanian. BBPP-BK.

Penulis  : Sugeng
Editor     : Rezky Yulianti

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved