Kamis, 30 April 2020

Walaupun Ditengah Covid 19, Kab.Tomohon Jaga ketersediaan dan kestabilan Harga Bawang Putih

Walaupun Ditengah Covid 19, Kab.Tomohon  Jaga ketersediaan dan kestabilan Harga Bawang Putih



Sigapnews.com, Tomohon (Sulut) - Kementerian Pertanian berupaya untuk bisa swasembada bawang putih tahun 2021, hal ini bukan mustahil jika dilihat dari karakteristik lahan beberapa daerah di Indonesia.

Dari data yang diperoleh terkait pasokan bawang putih, perkiraan produksi bawang putih lokal bulan Februari hingga Mei yang secara kumulatif mencapai 43 ribu ton. Sekitar 10 persen kebutuhan bawang putih secara Nasional dapat dipenuhi dari produksi bawang putih dalam negeri. 


Kementerian Pertanian mendorong segenap insan pertanian untuk selalu aktif dilapangan. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo meminta kepada para insan pertanian untuk terus aktif bergerak dan tidak berhenti dalam mengawal ketersediaan pangan rakyat Indonesia.

Hal senada juga sering disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, Dedi Nursyamsi, “Untuk  seluruh insan pertanian tidak terkecuali penyuluh pertanian dan para petani juga ikut serta, pertanian tidak boleh pindah tetap menggunakan tanah, tanam dan panen”, ujar Dedi.


Kebutuhan dan permintaan masyarakat saat ini akan bawang putih juga mengalami peningkatan terlebih di Bulan Ramadhan ini, hal ini dikarenakan bawang putih menjadi bumbu masakan utama  yang menjadi pelengkap di setiap masakan. 

Walaupun ditengah covid 19, diharapkan ketersediaan dan kestabilan harga bawang putih dapat terjaga. Untuk menjaga ketersediaan dan kestabilan harga bawang putih maka pemerintah khususnya Kabupaten Tomohon menyalurkan bantuan berupa bibit bawang putih kepada petani yang mempunyai wilayah yang strategi untuk budidaya bawang putih. 


Semangat petani untuk menanam bawang putih dilihat dari kegiatan pertanaman bawang putih yang dilakukan oleh Kelompok tani Mandiri di Kelurahan Kakaskasen Satu Kecamatan Tomohon Utara Kota Tomohon Provinsi Sulawesi Utara. Kelompok tani Mandiri mempunyai lahan 16 Ha sebagai lahan pertanian, dan digunakan 0,5 Ha untuk bercocok tanam bawang putih. Kamis (30/4/2020).


Kegiatan pertanaman bawang putih ini didampingi oleh Erni Wajonh, SP selaku Koordinator BPP Kelurahan Kakaskasen Satu. 

“Petani bersemangat untuk mencoba melakukan penanaman bawang putih, dimana permintaan bawang putih saat ini sangat tinggi sehingga akan mempengaruhi kenaikan harga bawang putih,
dan untuk itu kami memotivasi petani di daerah ini untuk mencoba bertanam bawang putih terlebih karena kami melihat kondisi lahan mereka sesuai untuk pertanaman bawang putih, di samping itu mereka juga menerima bantuan bibit bawang putih dari Dinas Pertanian Kabupaten Tomohon”, ujar Erni.

Penulis : Sumarni
Editor : Rezky Yulianti

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved