-->

Senin, 06 April 2020

Meski Di Tengah Wabah Covid 19, Petani di Bulukumba Tetap Semangat Panen Padi

Meski Di Tengah Wabah Covid 19, Petani di Bulukumba Tetap Semangat Panen Padi

Sigapnews.com,  Bulukumba - Kelompok Tani ( Poktan) Cinranae 2 di Desa Bontosunggu Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba provinsi Sulawesi selatan mulai mekakukan aktivitas panen padi ditengah Wabah virus Covid-19, Selas (7/4/2020).

Ditengah kebijakan Pemerintah untuk tinggal dalam rumah "stay at home", namun ini tidak berlaku bagi petani di Desa Bontosunggu.

Mereka tetap harus turun ke lahan melakukan kegiatan budidaya dan  pemanenan untuk menjamin ketersediaan pangan bagi kita semua, khususnya beras yang menjadi makanan pokok di Indonesia.

Hal itu dilakukan sehubungan dengan pesan Menteri Pertanian dalam kondisi pendemi Corona , Masyarakat harus bersatu dan saling menjaga situasi negara agar tetap kondusif, memang corona ini membuat ekonomi menurun, tapi harus diperhatikan salah -satunya lapangan kerja yang harus tetap berproduksi adalah Bidang Pertanian untuk menjamin ketersedian pangan di seluruh wilayah Indonesia.

Himbauan tersebut diperkuat oleh Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi  yang menyerukan agar para penyuluh mendorong petani tetap produktif sebagai upaya penyediaan pangan dan pemanfaatan jejaring.

Dalam menghadapi panen raya di seluruh Indonesia, dalam situasi ini akan menjadi kepanikan masyarakat terutama petani kita, maka dari itu Kelompok Tani Cinranea 2 mengambil bagian dalam melawan Pendemi Covid 19 dengan  tetap melakukan Panen untuk memenuhi ketersedian pangan khususnya di wilayah Sulawesi Selatan.

Muhammad  Ajis selaku petani dari  kelompok tani Cinranae 2 Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba mengatakan bahwa panen saat ini tidak terhambat dengan wabah virus covid 19 atau Virus Corona.

Dalam kegiatan panen tersebut di dampingi penyuluh pertanian Desa Bontosunggu Andi Nastainah, melakukan kegiatan panen padi dilahannya seluas 2 ha dengan produksi rata-rata sekitar 6,1 Ton Gabah/ ha. yang didukung oleh pemanfaatan Alsintan sehingga dapat mendukung percepatan olah tanah, tanam menggunakan combine harvester, sehingga waktu pekerjaan panen lebih efektif dan efisien, selain itu juga menjaga jarak dengan petani lain serta untuk menekan kehilangan hasil.

Besar harapan kepada  Petani dan penyuluh sebagai ujung tombak pertanian agar Tetap semangat menggerakkan roda pembangunan sektor pertanian. *(Ris-Erm) BBPP-BK#

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved