-->

Selasa, 07 April 2020

Penuhi Ketersediaan Pangan di Tengah Covid 19, Klp Tani di Turatea Jenneponto Panen Jagung

Penuhi Ketersediaan Pangan di Tengah Covid 19, Klp Tani di Turatea Jenneponto Panen Jagung



Sigapnews.com, Jenneponto (Sulsel) -Wabah Covid-19 telah menjadi pandemi hampir di seluruh belahan dunia, termasuk Indonesia. Wabah ini memaksa tiap pemerintah untuk menerapkan aturan physical distancing kepada warga dan menyarankan untuk tinggal di rumah.

Meskipun tinggal di rumah, kebutuhan pokok harus tetap terpenuhi agar bisa tetap bertahan hidup utamanya kebutuhan pangan.

Salah satu yang bekerja keras memenuhi kebutuhan pangan rakyat Indonesia adalah petani.

Mereka tetap menanam, merawat, dan memanen tanaman mereka ditengah wabah Covid-19, ungkap Salbiani penyuluh pertanian yang ada di Jeneponto saat mendampingi Kelompok Tani Makmur dan Pabentengan dimana petani sudah mulai memanen tanaman jagung mereka, yang berlokasi di Desa Kayuloe Kecamatan Turatea Kabupaten Jeneponto, Rabu (8/4/2020).


Panen raya ini dimulai dari awal bulan Maret dan diperkirakan selesai sekitar pertengahan bulan April atau sebelum masuk bulan Ramadhan.

Kelompok Tani Makmur panen lebih cepat karena kondisi saat ini masih sering hujan, sehingga petani mengejar untuk bisa menanam lagi untuk pertanaman di musim gadu (kemarau).

Pelaksanaan panen yang dilakukanpun tetap mengikuti arahan dari pemerintah yaitu dengan tetap saling menjaga jarak antara satu dan yang lainnya.

Sebagai keuntungan lainnya dari kegiatan panen yang dilakukan di siang hari, khususnya dalam cuaca yang cerah adalah mereka mendapatkan asupan vitamin D yang dapat menangkal tertularnya virus Covid-19 yang berkembang saat ini.

Varietas yang dipanen kelompok tani makmur yaitu Bisi-18 dengan hasil 14 ton/Ha dengan luasan lahan sekitar 349 Ha.

"Kalian di rumah saja, biar kami para petani ke lahan siapkan bahan pokok untuk kalian" ungkap salah satu petani binaan Salbani.(IQB-IDR) BBPP-BK.



#pertaniancegahcovid19
#pertaniantidakberhenti
#BBPP Batangkaluku
#Desa Kayuloe
#Kecamatan Turatea
#Kabupaten Jenneponto
#Klp.Tani Makmur
#Klp.Tani Pabentengan
#physical distancing
#Covid 19
#Panen Jagung

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved