-->

Rabu, 08 April 2020

Begini Semangat PPL Takalar di Tengah Wabah Covid 19

Begini Semangat PPL Takalar di Tengah Wabah Covid 19


Sigapnews.com, Takalar (Sulsel) - "Bapak dan ibu semua, tolong tetap di rumah yah, biar kami dan para petani yang ke lapangan untuk mempersiapkan kebutuhan pangan".

Demikianlah ungkapan Muhammad Said, Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) yang masih berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) di Dinas Pertanian Kabupaten Takalar, Provinsi Sulawesi Selatan.

Said, demikian sapaan akrabnya mengatakan," bahwa Pertanian adalah salah satu bidang yang dituntut harus tetap produktif di tengah mewabahnya covid 19.

Pertanian harus terus berjalan, demikianlah ungkapkan Menteri Pertanian yang sering kami dengar dalam beberapa kesempatan saat beliau memotivasi  keapda seluruh insan pertanian.

Saat ini, di tengah anjuran untuk melaksanakan social distancing bahkan phisical distancing, kami tetap harus melaksanakan tugas demi memastikan bahwa petani binaan kami bisa panen tepat waktu, lanjut Said.

Saat ini salah satu Kelompok Tani binaan Said, yakni Kelompok Tani Borong-Boronga yang beralamat di Desa Balangtanaya, Kecamatan Polongbangkeng Utara, Kabupaten Takalar sedang memasuki waktu panen.

Pada musim tanam yang lalu, rata-rata anggota Kelompok Tani Borong-Boronga menanam padi varietas impari 33. Saat pengambilan ubinan yang dilakukan oleh Said bersama petani diketahui bahwa tingkat provitasnya mencapai 6.51 ton/ha.

Musim panen di tengah wabah Covid 19 seperti saat ini tantangannya lebih besar, karena kami harus memastikan bahwa petani, operator combine harvester harus menerapkan protokol menjaga kesehatan.

"Kami melihat teman-teman operator combine harvester masih rendah tingkat kesadarannya dalam menggunakan masker" lanjut Said, oleh karenanya kami mengingatkan bahwa demi menjaga keselamatan bersama, mari kita patuhi anjuran pemerintah.

Memang benar, menyelenggarakan panen adalah sebuah tanggungjawab yang besar, tetapi menjadi kesehatan juga suatu kewajiban.

Maka saya berharap kepada semua rekan-rekan yang bertugas di lapangan, khususnya para operator combine harvester, mari kita jaga Standar Operasional Prosedur kesehatan dan keselamatan kerja dalam beraktivitas.

Tanpa Covid 19 saja jika berdasarkan SOP tetap harus menggunakan K3, termasuk masker, apalagi dalam suasana wabah Covid 19, tutur Said.

Semoga dalam menjalankan tugas di lapangan, semuanya tetap dalam kondisi sehat wal'afiyat, Maju terus Pertanian Indonesia, pungkasnya.(JML/BBPP-BK).

#pertaniancegahcovid19
#pertaniantidakberhenti

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved