-->

Kamis, 04 April 2024

Melalui Baznas, Bupati dan Wabup Soppeng Bersama Pimpinan Pejabat Daerah Melakukan Pembayaran Zakat Tahun 1445 H/2024 M

Melalui Baznas, Bupati dan Wabup Soppeng Bersama Pimpinan Pejabat Daerah Melakukan Pembayaran Zakat Tahun 1445 H/2024 M


Soppeng, Pembayaran Zakat Bupati dan Wakil Bupati, Pejabat Daerah, Forkopimda, Para Pimpinan SKPD dan Kabag melalui Baznas Kabupaten Soppeng Tahun 1445 H/2024 M dirangkaikan dengan buka puasa bersama, yang dilaksanakan di Hark Cafe & Eatery Malaka. Kamis, 4 April 2024.

Ketua BAZNAS Soppeng KM Satturi, S.Pdi, M.Pdi dalam sambutannya mengatakan bahwa, Dalam ajaran agama Islam, membayar zakat merupakan suatu kewajiban bagi umat Islam. 

"Dengan demikian, zakat yang masuk di Baznas akan kami salurkan kepada yang berhak dan sesuai dengan aturan dalam Al-Qur’an, dan dilaksanakan apabila telah memenuhi persyaratan sesuai dengan syariat yaitu nisab dan haul, jika telah memenuhi nisab maka diwajibkan untuk menunaikan zakat kita. 

"Sesuai dengan aturan zakat kita Tahun 2024 yang dikeluarkan oleh Baznas RI bahwa nisab senilai dengan 85 gr emas per tahun atau atau bisa ditunaikan perbulan dengan nisab 85 gr dibagi 12. Atau senilai dengan zakat penghasilan profesi dikeluarkan sebesar 2,5% jika gaji kita telah mencukupi RP. 3.750.000.

"Terkait masalah Zakat, Kami juga selalu melakukan sosialisasi di SKPD dan Instansi lainnya, karena masalah zakat merupakan suatu kewajiban yang harus disalurkan kepada penerima manfaat zakat termasuk yang akan kita salurkan pada hari ini di beberapa panti asuhan yang ada di Kabupaten Soppeng.

"Oleh karena itu, kami menitipkan harapan kepada Bapak/Ibu dan pemerintah daerah untuk mendukung, memberikan motivasi, arahan dan petunjuk apa yang harus kami lakukan, sehingga kegiatan Baznas dapat singkron dengan program pemerintah daerah, karena Baznas tidak akan maju dan berkembang tanpa adanya dukungan dari Bapak/Ibu semua.

Bupati Soppeng, H. A. Kaswadi Razak, SE dalam sambutannya. Atas nama pemerintah daerah Kab. Soppeng, menyampaikan rasa syukur dan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Baznas yang senantiasa melaksanakan tugasnya dalam mengumpulkan dan mendistribusikan zakat di KabKabupaten Soppeng. 

"Serta terima kasih atas kehadiran kita semua khususnya para pejabat lingkup pemerintah daerah dan seluruh yang hadir di tempat ini.

"Alhamdulillah, perjalanan Baznas selama 2 tahun terakhir ini, telah memberikan manfaat sesuai ketentuan yang berlaku dan telah membangun dan membantu 7 rumah yang tidak layak huni bekerjasama dengan Kodim 1423 Soppeng. 

"Pemerintah daerah bersama para anggota Forkopimda tidak henti-hentinya memberikan dukungan kepada Baznas Soppeng dengan harapan Baznas bisa menyalurkan zakat tanpa ada masalah.

"Banyak orang yang membutuhkan uluran tangan kita, apalagi situasi negara kita saat ini yang hampir mengalami penurunan perekonomian, namun di KabKabupaten Soppeng, alhamdulillah perekonomian masih dapat bertumbuh. 

"Namun saya berharap agar para Camat, para Kepala Desa/Lurah agar bisa melakukan apa yang bisa dilakukan untuk menyakinkan bahwa pemerintah ada tengah-tengah masyarakat dan mengontrol apa yang terjadi di masyarakat. 

"Sehingga jika ada musibah kita dapat bahu membahu untuk meringankan beban masyarakat. Dan jika ada masalah dapat dengan cepat kami selesaikan. 

"Termasuk menjelang perayaan Idul Fitri pastinya akan meningkatkan mobilitas di KabKabupaten Soppeng, namun ada beberapa jalan yang berlubang yang dikhawatirkan dapat mengganggu kenyamanan para pemudik dan masyarakat yakni jalan yang ada di Tajuncu. 

"Dan Insya Allah akan kami kerjakan besok, walaupun bukan kewenangan kita tapi yang mempunyai kepentingan adalah masyarakat Kab. Soppeng.

Acara dilanjutkan pengumpulan dan penyerahan zakat kepala daerah dan pejabat pemerintah daerah kab. Soppeng oleh Bupati Soppeng dan Wakil Bupati Soppeng kepada Ketua Baznas Kabupaten Soppeng. 

Dilanjutkan penyerahan secara simbolis Bantuan Konsumtif dari Bupati Soppeng kepada perwakilan dari anak-anak panti asuhan.

Turut hadir pada kegiatan ini, Wakil Bupati Soppeng, para Anggota Forkopimda Kab. Soppeng, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Sekda Kab. Soppeng, para Staf Ahli, para Asisten, para Kepala SKPD, para Camat, para Kepala Desa/Lurah se Kab. Soppeng.

(Red) 

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved