-->

Selasa, 25 Oktober 2022

Pemerintah Kabupaten Muna Barat Akan Beri Bantuan Bagi Usaha Ayam Petelur

Pemerintah Kabupaten Muna Barat Akan Beri Bantuan Bagi Usaha Ayam Petelur


Mubar - Sigapnews.com Pemerintah Kabupaten Muna Barat, tinjau beberapa lahan pertanian dan usaha peternakan dalam persiapan program penanganan inflasi.

Kunjungan yang dilakukan oleh pemerintah daerah, kali ini blusukkan pada usaha peternakan ayam petelur milik Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Kampobalano, Kecamatan Sawerigadi.

Penjabat Bupati Muna Barat, Bahri, katakan sebagaimana arahan Kemendagri, dalam kenaikan pada beberapa harga yang menyebabkan inflasi, yakni beras dan telur.

Sehingga ia, berkunjung ke Desa Bakeramba dan ke Desa Kampobalano, untuk membuktikan sinergi pendanaan, di mana peternak itu didanai dengan Dana Desa (DD), yang dikelola oleh BUMDes, dengan penghasilan Rp 16-17 Juta tiap bulannya.

"Luar biasa, 23-24 rak yang dihasilkan tiap harinya hanya untuk menutupi kebutuhan kita, khususnya di Kecamatan Sawerigadi, dan ini menyumbang secara agregat menekan inflasi," ungkapnya,


Dalam kunjungan pada BUMDes Sogaito Mandiri yang bergerak pada usaha ayam petelur, guna memastikan harga, stok, dan jalur distribusi, selain itu juga memastikan daya beli masyarakat dapat dijangkau, dan tidak terjadi kenaikan harga.

Maka ia menyebut, dalam sinergi pendanaan antar DD dan APBD, yakni dengan memberikan pendanaan ke BUMDes, yang kemudian BUMDes anggarkan kandang ayam, pemerintah siapkan bantuan bibit dan pakan awal.

Selain itu, ia akan menghimbau Dinas Sosial agar membeli telur di BUMDes Sagaito Mandiri sebagai suplay telur untuk bantuan PKH dan BPNT.

Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri itu menyebut produksi telur ini juga untuk menjaga stok pasar dan kebutuhan masyarakat khususnya di Kecamatan Sawerigadi.

"Ini outputnya ekonomi desa akan berputar, PAD juga meningkat," tutupnya.

Hal ini mendapat apresiasi dari Direktur BUMDes Sogaito Mandiri, La Ode Harudin, katakan bahwa ia sangat berterima kasih kepada pemerintah daerah atas kunjungan dan bantuan yang akan diberikan pada usaha ayam petelur tersebut.

"Beliau menjanjikan pada tahun 2023 akan diberikan bantuan pada BUMDes Sugaito Mandiri Desa Kampobalano," pungkasnya.

Terlebih bantuan yang dijanjikan ini telah didengar langsung oleh Kepala Dinas Pertanian, sehingga pihaknya sangat merasa senang dengan adanya bantuan yang akan disalurkan di tahun mendatang.

Penulis: Kardono

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved