-->

Selasa, 25 Oktober 2022

Hatrick Penghargaaan Adalah Bukti Karya dalam Pentas Pemerintahan

Hatrick Penghargaaan Adalah Bukti Karya dalam Pentas Pemerintahan


Mubar, sigapnews.com Sederhana  dalam berucap namun luar  biasa dalam tindakan  adalah istilah yang pantas tersematkan  dipundak Sang Birokrat Muda yang sarat  prestasi ini.

Betapa tidak dalam usia pemerintahannya yang masih terbilang muda kurang lebih empat bulan, PJ. Bupati Muna Barat Dr. Bahri telah mampu menorehkan sejumlah prestasi diantaranya, pernghargaan dari KASN, Penghargaaan atau Awrd sebagai pemimpin pemerintahan yang Inovatif  tahun 2022 versi Kendari Pos dan yang   baru saja adalah Penghargaan dari BPJS karena sukses memberikan Jaminaan kesehatan semesta  100 persen (UHC) pada masyarakat.  

Jubir Pemkab Mubar, Fajar Fariki mengatakan raihan prestasi gemilang ini adalah upaya dari rentetan kerja keras dan kerja cerdas dari pemimpin pemerintahan karena telah mampu mengorganisir skema pemerintahan dengan baik, serta mampu berempati terhadap Kebutuhan  rakyat  sebagai inspirasinya. 

Menurutnya, berbagai Kebijakan melalui terobosan dan inovasi Dr. Bahri dalam membangun Muna Barat demi mewujudkan kesejahteraan rakyat telah diapresiasi oleh berbagai pihak plus kelembagaan yang legitimate.  

"Ini adalah fakta pencapaian yang wajib untuk selama kurang lebih 5 bulan. Gaya politik kepempimoinan yang santun namun berbalut ketegasan  pada sosok birokrat yang masih menyandang Direktur Perencanaan Keuangan Daerah Kemendagri itu tidak hanya memberi contoh menjadi pemimpin yang baik. Akan tetapi, ia juga menyebarkan virus semangat kerja keras dan kerja cerdas kepada para pejabat dan ASN di Muna Barat," jelas Fajar Fariki.

Fajar menambahkan kebijakan-kebijakan Dr. Bahri dalam menata birokrasi di Mubar memberi kesejukan dalam sistem pemerintahan. 

Penataan birokrasi yang dilakukannya pada beberapa waktu lalu juga bahkan mendapat apresiasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

"Selain  menuntut target kinerja yang telah ditandatangani dalam kontrak kinerja dengan para pejabatnya, ia juga peduli dengan kesejahteraan pegawainya melalui pemberian TPP bagi ASN sesuai klasifikasi jabatannya," lanjutnya.

Selanjutnya pada pembangunan infrastruktur, dari hasil plesiran wilayah yang di lakukan oleh Dr. Bahri selama ini, telah mampu memotret dengan jelas problem serius yang dihadapi rakyatnya untuk segera diambil langkah tindaklanjut sebagai solusi melalui kebijakannya.

Berkaca dari kondisi ini, maka PJ. Bupati, Dr. Bahri melahirkan formulasi kebijakan strategis sebagai upaya pembenahan untuk mengatasi masalah kebutuhan dasar masyarakat.

"Diantaranya pembenahan infrastruktur pelayanan publik, sarana dan prasarana pemerintahan berupa perkantoran, daya saing infrastruktur dan tingkat kesejahteraan masyarakat dan kualitas sumber daya manusianya," ungkap Sekretaris Dinas Kominfo Mubar ini.

Kemudian, terkait pembenahan infrastruktur, melalui rasionalisasi anggaran APBD, Bahri bisa memulai fondasi dasar pembangunan Kantor Bupati Mubar, pembangunan Kantor DPRD, dan pembangunan Masjid Agung Muna Barat yang ditandai dengan peletakan batu pertama pembangunan tiga bangunan besar itu oleh Gubernur Ali Mazi pada 26 Juli lalu.

"Pembenahan yang dilakukan oleh direktur perencanaan keuangan di Kemendagri itu menyangkut hal vital dan urgen bagi kelayakan hidup masyarakat. 

Kemudian memperbaiki kualitas pelayanan publik demi kemajuan daerah tercinta ini," tutur mantan Kabag Humas Muna tersebut.

Selanjutnya, penataan pelayanan dasar pada sektor pendidikan dan Kesehatan, pekerjaan umum, sosial dan trantinbulinmas. Perlindungan sosial berupa UHC 100% dan kemiskinan ekstrem melalui BLT APBD. Peningkatan perekonomian melalui pertanian, ada cetak sawah baru, pemberian bibit jagung dan pupuk, memperbaiki saluran (primer, tersier, dan sekunder), Investasi jagung kuning dan ubi untuk tapioka (jagung melalui koperasi). Kemudian Perkebunan dan Peternakan serta Perikanan tangkap dan budidaya. Semua itu, tak lain hanya demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat Muna Barat.

Konsep dan ide cerdas serta inovasi dari seorang Bahri menunjukkan integritasnya dan kapasitas sebagai pemimpin wilayah yang faham ilmu kewilayahan dan memahami kebutuhan rakyat. 

Ide serta gagasan dan konsisten dalam bertindak adalah gambaran bahwa seorang Bahri punya pola pikir yang mewah, “Berpikir Lokal Bertindak Global”.

Berbagai penghargaaan yang dicapai seorang Dr. Bahri adalah bentuk untuk menjawab kritik dari pihak atau kelompok yang terus mengumbar kritik menjadi pemantik semangat untuk terus berkarya dan berinovasi dalam membangun Muna Barat dan menghadirkan pembangunan, pemberdayaan dan kemasyarakatan, serta pelayanan yang berkualitas agar Muna Barat sejajar dengan daerah lainnya di Sultra.

"Penghargaan ini juga memberi inspiratif seluruh stakeholder masyarakat Muna Barat untuk kerja bersama dengan semangat kegotongroyongan, bahu membahu, sinergitas serta menyelaraskan langkah untuk mewujudkan mimpi  besar  masyarakat muna Barat  untuk lebih baik. 

Rencana  besar Pembangunan sesuai dengan tujuan berdirinya Kabupaten Muna Barat yang kita cintai sebagaimana yang diinginkan tokoh-tokoh pendiri dan pejuang Kabupaten Muna Barat  untuk Terus berkarya, inovatif dan inspiratif untul Muna Barat," tutupnya. 

Penulis: Kardono

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved