-->

Senin, 13 Juni 2022

Hadapi Pilkada 2024, KPU Mubar Usulkan Dana 40 Milliyar Kepada Pemda

Hadapi Pilkada 2024, KPU Mubar Usulkan Dana 40 Milliyar Kepada Pemda

Rapat Koordinasi Pemda Mubar bersama KPU, Bawaslu, Dandim dan Polres Muna dalam rangka kesiapan tahapan Pemilu Serentak (Ist).

Mubar, Sigapnews.com,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara (Sultra) sudah mengajukan proposal anggaran Pilkada 2024 senilai Rp 40 miliar kepada Pemerintah Kabupaten Muna Barat.

Proposal tersebut bersifat penyampaian awal ihwal rincian anggaran yang dibutuhkan KPU untuk menggelar pemilihan Bupati dan wakil Bupati Muna Barat tahun 2024 mendatang.

"Awaluddin Selaku Ketua KPU Muna Barat menyampaikan Bahwa sudah ajukan anggaran Pilkada sebesar 40 Miliyar rupiah pada Pemda tinggal menunggu saja .

Pengajuan anggaran Pilkada tersebut mengalami kenaikan dibandingkan dengan pilkada pada tahun 2017 lalu, mengingat ada beberapa komponen biaya yang mengalami kenaikan diantaranya biaya honorarium ed-Hock dan biaya penerapan protokol Covid-19.

"Kenaikan terbesar ada di badan ed-Hock, misalnya honor PPK dari Rp 1,5 juta naik menjadi Rp 2,4 juta, honor PPS dari Rp 1 juta menjadi 1,5 juta sedangkan honor KPPS dari Rp 400 ribu menjadi Rp 1 juta rupiah," bebernya

Selain itu, kenaikan biaya Pilkada Mubar mengingat pihaknya masih memproyeksikan bahwa pilkada akan dilakukan dimasa pandemi. Jika dilakukan dimasa itu maka jumlah pemilih disetiap TPS berkurang hingga mengakibatkan jumlah TPS bertambah.

"Kita proyeksikan pilkada mubar akan dilakukan dimasa pandemi, jadi jumlah pemilih disetiap TPS berkurang dan jumlah TPS bertambah sehingga KPPS nya pun bertambah," katanya pula

Namun, pihaknya akan kembali mendiskusikan pada pemerintah daerah Ikhwal pengajuan dana Pilkada Mubar.

Dalam menghadapi Pilkada Mubar 2024 Mendatang, saat ini pihaknya masih melakukan pengusulan anggaran dan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia khususnya dalam bidang aplikasi.

"Kita benahi dulu di internal kita, karena pilkada mendatang semua berbasis aplikasi," pungkasnya

Reporter: Kardono

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved