-->

Senin, 03 Januari 2022

Hari Amal Bakti Kemenag ke 76, Bupati Soppeng Sematkan Satyalancana Karya Satya Kepada Sejumlah PNS Lingkup Kemenag

Hari Amal Bakti Kemenag ke 76, Bupati Soppeng Sematkan Satyalancana Karya Satya Kepada Sejumlah PNS Lingkup Kemenag

Bupati Soppeng saat menyematkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada PNS lingkup Kemenag Soppeng (Ist).

Soppeng, Sigapnews.com,- Kementerian Agama Kabupaten Soppeng menggelar Upacara Peringatan Hari Amal Bakti Ke 76 Kementerian Agama Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Soppeng yang dilangsungkan di
Lapangan Gasis Watansoppeng, Senin 3/1/2022.

Kegiatan peringatan itu ditandai dengan penyematan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya oleh Bupati Soppeng HA Kaswadi Razak, SE kepada sejumlah PNS lingkup Kemenag Soppeng atas pengabdiannya.

Penghargaan tanda kehormatan tersebut diberikan kepada
masing-masing masa pengabdian 30 tahun untuk 2 orang, masa pengabdian 20 Tahun untuk 9 orang serta masa pengabdian 10 tahun untuk 7 orang.

Dalam kegiatan tersebut yang bertindak selaku Inspektur Upacara yakni Bupati Soppeng H.A.Kaswadi Razak,SE, sementara
Komandan Upacara
Muh Faizal dari Guru MTS.Negeri Takkalala.

Selain itu dalam acar ini juga dilakukan Pembacaan pembukaan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 oleh Hadriani, SPd Guru MTS Negeri Takkalala.

Sementara Pembaca Panca Prasetya korps Pegawai Republik Indonesia oleh Muh Afandi, SHi Penghulu KUA Kecamatan Ganra.

Juga dilangsungkan Pembacaan Kode Etik pegawai Kementerian Agama Republik Indonesia oleh Lisdiana syari, SPd dari Mts Negeri Takkalala.

Bupati Soppeng Andi Kaswadi Razak dalam kesempatannya selaku inspektur upacara membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qaumas.

Dalam isi sambutannya mengatakan, "Pada hari ini Senin tanggal 3 Januari 2022 keluarga besar Kementerian Agama memperingati hari amal Bhakti ke 76 Kementerian Agama dengan penuh rasa syukur dan sukacita.

Sebab sejak dibentuk tanggal 3 Januari 1946 hingga hari ini Kementerian Agama terus tumbuh dan berkembang menjadi salah satu instansi pemerintah yang mempunyai peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengalaman ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleransi dan ramah bagi semua.

Pada setiap setiap hari Amal Bakti, tanggal 3 Januari dicanangkan sebagai Kick off pelaksanaan program/ kegiatan tahun berjalan.

Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya dan menjaga Pancasila, konstitusi, dan negara kesatuan Republik Indonesia untuk tetap dalam jalurnya.

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya indeks kesalehan umat beragama dari 82,55 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021.

Indeks kerukunan umat beragama juga mengalami peningkatan yang semula tahun 2020 sebesar 67,46 menjadi sebesar 72,39 pada tahun 2021.

Indeks kepuasan layanan KUA meningkat pula dari angka 77,28 pada tahun 2019 menjadi 78,90 pada tahun 2021.

Kementerian Agama juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka, organisasi dan lembaga keagamaan, forum kerukunan umat beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Hubungan baik tersebut diwujudkan dalam beragam pertemuan, baik tingkat nasional maupun daerah, pendampingan, koordinasi, konsultasi dan fasilitasi.

Dari perspektif tata kelola keuangan, Kementerian Agama juga mampu mempertahankan prestasinya, Kementerian Agama kembali mari opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2020.

Capaian ini menjadi prestasi yang diraih selama 5 tahun berturut-turut sejak tahun 2016.

Kita semua memahami, prestasi yang telah dicapai oleh Kementerian Agama, merupakan hasil kerja keras dari para perintis dan sesepuh Kementerian Agama serta saudara sekalian.

Oleh karena itu saya ingin mengucapkan terima kasih kepada segenap pegawai aparatur sipil negara kementeri agama yang telah mengabdi dengan tulus dan menjaga martabat ,kehormatan, dan kinerja Kementerian Agama.

Sebagai salah satu bentuk ucapan terima kasih, Kementerian Agama telah mengajukan kepada bapak presiden untuk memberikan penghargaan Satya lencanakarya Satya kepada 9,310 PNS kementerian agama dari 79 satuan kerja yang dinilai telah mengabdi tanpa cacat sebagai abdi negara.

"Alhamdulillah bapak presiden telah mengabulkan permohonan tersebut dan pada hari Amal Bakti ke-76 ini, atas nama bapak presiden diberikan penghargaan Satyalancana Karya Satya 30 tahun kepada 509 orang, 20 tahun kepada 2.802 orang dan 10 tahun kepada 5.999 orang PNS kementerian Agama.

"Saya ucapkan selamat kepada para penerima penghargaan semoga penghargaan tersebut semakin meningkatkan kinerja ASN Kementerian Agama dan menambah kebanggaan sebagai bagian dari korps Kementerian Agama.

Di usia ke-76 ini, Kementerian Agama harus terus berbenah, prestasi yang telah diraih harus dipertahankan dan secara kebersamaan perlu terus di berinovasi untuk mewujudkan Kementerian Agama yang lebih baik.

Untuk itu, di jadikan agama sebagai inspirasi, jadikan agama sebagai penggerak yang dapat meningkatkan daya kreativitas, selain itu jadikan pula 5 nilai budaya kerja kementerian agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab dan keteladanan, menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam pelaksanaan tugas dan fungsi saudara sekalian selaku pegawai aparatur sipil negara Kementerian Agama.

Saya percaya apabila berpegang teguh pada itu semua, pegawai aparatur sipil negara Kementerian Agama akan tampil sebagai sosok abdi negara yang luar biasa, apa yang kemudian menjadi tagline peringatan hari amal Bhakti ke 76 kementerian agama yaitu transformasi layanan umat akan dengan cepat dan mudah dilakukan.

Transformasi yang dimaksud meliputi perubahan sikap dan perilaku yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta peningkatan sarana dan prasarana atau infrastruktur yang mempercepat dan mempermudah kinerja kementerian agama dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Usai upacara dilanjutkan dengan penyerahan Cendramata kepada Purna Bakti Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten oleh Bupati Soppeng masing- masing, Keluarga Prof H Iskandar Idy, Keluarga H Said Hamzah, H Djafar, Keluarga Alm HA Asse Mangkona, Keluarga Arifuddin Djaelani, Keluarga Alm Dr H Sukardi Deppung, Keluarga alm H Amin Ar, Dr H Iskandar Pellang, MPd, Dr KH Huzaemah, MAg.

Sementara penyerahan piagam penghargaan Kepada Madrasah berprestasi oleh Wakil Bupati Soppeng Ir H Lutfi Halide MP, masing-masing kepada, Mus Muliady,SAg, MA ( Kepala Madrasah Inovatif 2021), Dra Hj Sitti Hadzirah ( Kepala Madrasah partisipatif 2021), Siliwarni Karim,S Pd,M Pd ( Kepala Madrasah berdedikasi 2021), Jusri, SPd ( Kepala Madrasah berdisiplin 2021).

Turut dihadiri Wakil Bupati Soppeng, Ketua DPRD Soppeng, para Forkopimda, Ketua Pengadilan Negeri Watansoppeng, Ketua Pengadilan Agama Watansoppeng, Pimpinan SKPD, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Soppeng bersama jajaran.

Peserta Upacara terdiri dari para siswa/siswi santri RA/ MI/ MTS/ MA se Kabupaten Soppeng. (Edil Rauf).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved