-->

Jumat, 07 Mei 2021

Refocusing Anggaran, Pembangunan Ring Road Laworo tetap Dilanjutkan Tahun ini

Refocusing Anggaran, Pembangunan  Ring Road Laworo tetap Dilanjutkan Tahun ini

Pembangunan Ring Road Kota Laworo Mubar Sultra (Foto Istimewa)

Muna Barat (Sultra), Sigapnews.com, - Jalan Ring Road  Kota Laworo yang menjadi icon dari Kabupaten Muna Barat (Mubar) tahun 2021 ini dipastikan belum rampung dikerjakan. 

Hal disebabkan adanya refocusing atau pemangkasan anggaran sebagai salah satu upaya meredam dampak pandemi Covid-19.

Diketahui Kemenkeu telah mengeluarkan aturan bahwa "Prioritas utama Pemerintah saat ini ialah kesehatan dan pemenuhan kebutuhan pokok rakyat. Untuk itu, Kementerian Keuangan mengerahkan sumber daya dari sisi keuangan untuk mendukung penanganan Covid-19. Dalam hal ini, Kemenkeu telah membuat peraturan yang mendorong Pemerintah Daerah untuk melakukan refocusing anggaran untuk tujuan penanganan Covid-19. 

Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi Pemerintah Daerah untuk tidak menjalankan langkah-langkah pencegahan dan penangan Covid-19 karena ketiadaan anggaran. Pemerintah Daerah memiliki peran yang sangat penting dalam pencegahan dan penanganan Covid-19 di daerah kewenangannya. Dengan dikeluarkannya peraturan Menteri Keuangan beserta peraturan turunannya, Pemerintah Daerah didorong untuk menyusun langkah yang akan dilakukan untuk penanganan Covid-19.

Meski demikian, Kepala Bidang (Kabid) Bina Marga, Dinas PUPR Mubar Abdul Syawal Pino menjelaskan bahwa tahun ini pihaknya tetap melakukan pengerjaan satu paket untuk jalur dua Ring Road Kota Laworo yakni Wuna- Lafinde.

Dikatakannya" Perencanaannnya sedianya tahun ini kita akan tuntaskan pekerjaan jalur dua Ring Road Kota Laworo ini, akan tetapi karena adanya  refocusing anggaran sehingga tahun ini kita hanya merencanakan satu paket saja yakni jalur Wuna – Lafinde,” terang Abdul Syawal Pino via telepon, Jumat (7/5/2021).

Seperti tahun sebelumnya, refocusing anggaran Dinas PUPR Mubar sebesar delapan persen akibat pandemi Covid-19. Akibatnya, jalur dua Ring Road Kota Laworo ini diperkirakan tahun ini pembangunannya tidak tuntas lagi, beber  Abdul Syawal.

Syawal lebih lanjut menegaskan, "Pembangunan jalur dua Ring Road ini tetap akan dilanjutkan hingga selesai.

Kita upayakan Ring Road Kota Laworo selesai sesuai target. Kita juga mengucapkan permohonan maaf kepada masyarakat Mubar, karena refocusing anggaran icon Mubar ini tidak dapat diselesaikan sesuai target yang sudah ditentukan,” pungkasnya.


(Kardono).

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved