-->

Senin, 26 April 2021

Dua Kecamatan di Muna Barat Dapat Pembangunan 150 Unit RTLH dari Kemensos

Dua Kecamatan di Muna Barat Dapat Pembangunan 150 Unit RTLH dari Kemensos

Kadis Sosial Kabupaten Muna Barat La Ode Takari (Foto Istimewa)

Mubar (Sultra), Sigapnew.com,- Sebanyak 150 unit Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) bakal dibangun di Kabupaten Muna Barat (Mubar) yang tersebar di 2 Kecamatan yakni kecamatan Sawerigadi dan Kecamatan Kusambi.

Dari 2 Kecamatan tersebut terdapat 10 Desa yang akan mendapat bantuan dari Kemensos  tersebut, yakni Desa Ondoke, Desa Lawada , Desa waokuni , Desa Nihi  dan Desa Maperaha  Kecamatan Sawerigadi serta dari Kecamatan Kusambi yaitu Desa Guali, Desa Sidamangura, Desa Lakawoghe, Desa Lapokainse dan Desa Tanjung Pinang.

Hal itu dibenarkan oleh Kadis Sosial Kabupaten Muna Barat La Ode Takari, " Benar, pembangunan 150 unit RTLH tersebut tidak lama lagi akan segera dilaksanakan, pihak kami tinggal menunggu pencairan dananya, jelasnya.

"Jadi hanya tinggal menunggu pencairan danannya saja, setelah itu sebanyak 150 unit bantuan RTLH tersebut akan segera direalisasikan", ujar La Ode Takari saat dijumpai di ruang kerjanya. Senin (26/4).

La Ode Takari menyebut bahwa pencairan dana program pembangunan RTLH nantinya, dikirimkan langsung kepada ketua Kelompok penerima program, terangnya.

La Ode Takari membeberkan bahwa," Yang layak mendapat bantuan  ini adalah  masyarakat yang  sudah terdaftar di DTKS. tandasnya.

"Jadi syaratnya, KTP, KK, terdaftar di DTKS, Suket tidak mampu dari Desa/Kelurahan, Pernyataan sanggup berswadaya, foto rumah posisi depan luar, samping, belakang, dalam, terangnya.

Dikatakannya," Tiap kelompok itu berjumlah 10 orang dan dana dari Pemerintah nantinya dikirimkan langsung kepada ketua kelompoknya sebanyak Rp. 150 juta, beber Kadis Sosial Mubar.

Dijelaskan, "Tiap unit rumah itu dananya sebesar Rp.15 Juta (Lima belas juta rupiah).

"Saya berharap pencairan dana pembangunan RTLH ini secapatnya dicairkan", ujar mantan Camat Sawerigadi tersebut.

Diketahui, pada program bantuan RTLH tahun ini untuk wilayah Kecamatan Sawerigadi yang bakal dapakan dana pembangunan yakni  Desa Ondoke mendapat 10 unit, Desa Lawada 20 Unit, Desa Waokuni 20, Desa Nihi 10 unit, dan Desa Maperaha 20 unit.

Sementara itu untuk wilayah Kecamatan Kusambi yang akan mendapatkan dana RTLH yakni, Desa Guali 20 unit, Desa Sidamangura 10 unit, Desa Lakawoghe 10 unit, Desa Lapokainse 10 unit, serta Desa Tanjung Pinang mendapat jatah 20 unit.

Terakhir  Laode Takari menjelaskan bahwa RLTH ini  merupakan salah satu kegiatan penanganan fakir miskin yang diselenggarakan Kementerian Sosial dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas tempat tinggal fakir miskin melalui perbaikan/rehabilitasi kondisi rumah tidak layak huni dengan prioritas atap, lantai, dan dinding serta fasilitas MCK, pungkasnya.

Reporter: KARDONO

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved