-->

Rabu, 21 April 2021

Pemdes Lombu Jaya Tetapkan APBDes 2021 Kepala Desa: Mari Bersama Kita Bangun dan Majukan Desa Lombu Jaya

Pemdes Lombu Jaya Tetapkan APBDes 2021 Kepala Desa: Mari Bersama Kita Bangun dan Majukan Desa Lombu Jaya


Kepala Desa Lambu Jaya Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat Provinsi Sulawesi Tenggara (Foto Istimewa)

Muna Barat (Sultra), Sigapnews.com-Pemerintah Desa (Pemdes) Desa Lombu Jaya, Kecamatan Sawerigadi Kabupaten Muna Barat (Mubar) resmi tetapkan APBDes tahun 2021.

Pemdes Lombu Jaya bersama BPD dan masyarakat menetapkan APBDes dengan berbagai program untuk pembangunan desa dan kesejahteraan masyarakat.

Kepala Desa Lombu Jaya Andi Yusuf mengatakan program Desa tahun ini akan lebih dominan dalam mengelola dana desa untuk pemberdayaan kepada masyarakat setelah  Bantuan Langsung Tunai ( BLT) Desa Lombu Jaya diprioritaskan.

"Saya lebih fokus membangun di bidang pemberdayaan terutama pada pemberdayaan ekonomi masyarakat sperti memberikan bantuan jagung kuning, dan membantu pembukaan lahan untuk pertanian perkebunan jagung kuning, kayanya.

"Saya ingin kedepan jadikan Desa Lombu Jaya ini menjadi desa percontohan dalam bidang pertanian terkhusus Komoditi jagung kuning  sehingga saya lebih fokus di bidang pertanian", terangnya, Rabu (21/4/2021).

Selain pertanian Kepala Desa Lombu Jaya juga bakal memberikan bantuan kelompok berupa ternak sapi dan ayam.

"Bantuan itu nantinya bakal ditujukan kepada tokoh-tokoh pemuda dan yang berkeluarga serta yang kehilangan mata pencaharian pada masa covid 19 ini", kata Andi Yusuf.

Untuk dibindang pembagunan fisik, Pemdes Lombu Jaya juga bakal merehab ringan lapangan sepakbola yang bersifat padat karya tunai. Beber Kades Lombu Jaya 

Selain itu juga untuk tahun 2021 ini Pemdes setempat akan memberikan bantuan pengadaan bibit jeruk siam sebanyak 2500 pohon untuk masyarakat.

Bukan itu saja Kepala Desa dua periode ini mengatakan dirinya juga lebih fokus pada batuan di bidang kesehatan dan peningkatan ekonomi masyarakat

Dirinya menuturian bahwa" Ketika kesehatan itu baik maka semua perputaran ekonomi juga akan maju namun sebaliknya jikalau kesehatan buruk maka semua akan buruk juga katanya. Dan pada intinya Semua program tahun 2021 ini sudah melalui musyawarah dan mufakat masyarakat, BPD dan pemerintah desa Lombu jaya

Diketahui pula Pemdes Lombu Jaya  juga  menganggarkan dana covid sebanyak 8 persen dari Dana Desa sesuai regulasi Nasional yakni berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 17/PMK.07/2021 tentang  pengelolaan transfer ke daerah dan dana desa tahun anggaran 2021 dalam rangka mendukung
penanganan pademi Covid-19 dan dampaknya dari dana desa (DD) yang bersumber dari APBN minimal 8 persen digunakan untuk penanganan Covid 19.


(DON. S N)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved