Jumat, 29 Mei 2020

Poktan Bintala Dulaa Terus Lakukan Percepatan Tanam Guna Jaga Stok Pangan

Poktan Bintala Dulaa Terus Lakukan Percepatan Tanam Guna Jaga Stok Pangan



Sigapnews.com, Gorontalo - Himbauan dari Menteri Pertanian, Syarul Yasin Limpo mengatakan tetap produktif ditengah pandemi covid-19, Sektor pertanian tidak boleh berhenti dalam kondisi apapun. Kita harus pastikan tersedianya pangan untuk seluruh rakyat Indonesia.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian,  Dedi Nursyamsi menyampaikan kepada seluruh pelaku pertanian agar roda pembangunan senantiasa tetap bergerak untuk dapat mempertahankan ketersediaan pangan di Negara tercinta ini.

Kalimat tersebut terus mengaum ditelinga Petani  maupun Penyuluh, sehingga meskipun ditengah pandemi Covid-19, Petani dan Penyuluh Pertanian di Kabupaten Bone Bolango terus menggerakkan sektor pertanian.

Sebagaimana yang dilakukan oleh Poktan Bintala Dulaa Desa Bulotalangi Kecamatan Bulango Timur Provinsi Gorontalo yang  melakukan kegiatan penanaman jagung.


Ketua Poktan Bintala Dulaa, Raflin Kai mengatakan bahwa anggota kelompok tetap melakukan kegiatan penanaman jagung dengan luas 13 ha dari 25 ha luas lahan anggota kelompok tani. 
Kegiatan penanaman jagung Poktan Bintala Dulaa rencananya akan tuntas sampai pekan depan.

Adapun jenis varietas jagung yang ditanam adalah Bisi 2 dan Bima Premium 919.

Koordinator Penyuluh BPP Kecamatan Bulango Timur, Suwandi Said mengatakan bahwa untuk musim tanam April-September 2020, target luas tanam kecamatan Bulango Timur adalah 170 Ha. 

"Gerakan Tanam Jagung akan terus digenjot, hingga target penanaman jagung 170 Ha dan akan selesai pada Bulan Juni minggu ke 2.

Suwandi juga menjelakan data luas lahan produktif, potensi lahan jagung untuk Kecamatan Bulango Timur adalah seluas 170 Ha, dengan tingkat Produktifitas 4,6 ton JKP per Ha / Musim tanam, yang dikelola oleh 10 kelompok tani. ungkapnya. Sabtu (30/5/2020).

Penyuluh Pertanian Desa Bulotalangi, Yahya Ngoiyo menegaskan akan terus melakukan pengawalan dan pendampingan dalam hal budidaya jagung dilapangan. 

"Kami akan terus bersama-sama dengan kelompok tani untuk mencapai target luas tanam sehingga ketersediaan pangan terpenuhi" Tegas Yahya. (BBPP-BK).

Penulis :  Heppy Sinaga
Sumber Data : Suwandi Said / Koor. Penyuluh Kec.Bulango Timur

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved