-->

Jumat, 15 Mei 2020

Peran Aktif P4S Primatani Membina Masyarakat Ditengah Wabah Covid 19

Peran Aktif P4S Primatani Membina Masyarakat Ditengah Wabah Covid 19



Sigapnews.com, Gorontalo - Pusat Pelatihan Pertanian dan Pedesaan Swadaya (P4S) adalah lembaga pelatihan pertanian dan pedesaan yang didirikan, dimiliki, dikelola oleh petani secara swadaya baik perorangan maupun berkelompok dan diharapkan dapat secara langsung berperan aktif dalam pembangunan pertanian melalui pengembangan sumber daya manusia pertanian dalam bentuk pelatihan/permagangan bagi petani dan masyarakat di wilayahnya. 

Salah satu P4S yang tetap berperan aktif dalam membina masyarakat di tengah wabah Covid-19 adalah P4S Primatani Gorontalo yang diketuai oleh Sutarjo. Salah satu produk unggulan P4S adalah jamu dari empon-empon. 


Menurut Sutarjo, Sejauh ini sudah ada beberapa tanaman yang dianggap atau dipercaya bisa mencegah infeksi virus corona. Namun, belum semuanya diteliti kebenarannya secara ilmiah. 

Nama empon-empon tengah naik daun semenjak corona mulai merebak di Indonesia. Jamu tradisional asal Indonesia ini memang sebenarnya sudah sejak lama dipercaya bisa menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit.


Empon-empon sendiri sebenarnya merupakan kumpulan rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, kayu manis, dan sereh.

Campuran rempah tersebut dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak sedikit orang yang mengonsumsinya untuk mencegah tertular Covid-19.

Menurut Sutarjo, beberapa waktu yang lalu, P4S Primatani dikunjungi oleh Ibu-ibu PKK khusus belajar membuat jamu dari empon-empon.

"Kami sangat senang masyarakat mau belajar di P4S, dan kami berharap masyarakat bisa mandiri dalam menyiapkan jamu untuk kebutuhan keluarga, mudah-mudahan bisa meningkatkan imunitas tubuh sehingga menghilangkan dari serang Covid-19," ungkap Sutarjo. Jumat (15/5/2020).


Apa yang dilakukan pengelola P4S Primatani sejalan dengan arahan Kepala Badan PPSDMP Kementan Prof. Dedi Nursyamsi yang menganjurkan untuk senantiasa mengkonsumsi pangan lokal khususnya jamu dari empon-empon untuk meningkatkan imunitas tubuh.

"Kita memiliki sumberdaya pangan lokal yang sangat melimpah, ada empon-empon yang bisa diolah menjadi jamu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Saya sendiri sudah rutin mengkonsumsi jamu, Pak Mentan juga, bahkan Pak Presiden mengkonsumsi dua kali dalam sehari," ujar Dedi. (BBPP-BK).

Penulis : Jamaluddin Al Afgani/Mustafa

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved