Kamis, 16 April 2020

Tingkatkan Hasil Produksi, P4S Sahabat Petani Gunakan Kompos Untuk Tanaman Kentang

Tingkatkan Hasil Produksi, P4S Sahabat Petani Gunakan Kompos Untuk Tanaman Kentang



Sigapnews.com, Mamasa (Sulbar) - Sejak awal pandemi Covid-19 merebak, banyak sektor usaha melemah bahkan terhenti, seperti sektor perdagangan dan sektor konstruksi, namun tidak untuk sektor pertanian. 

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo optimis bahwa sektor pertanian harus  tetap stabil karena pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus selalu tersedia. 

Peran petani saat ini menjadi sangat  strategis dalam penyediaan pangan dalam negeri ditengah kondisi pandemi covid-19, dimana ditetapkannya pembatasan sosial. 

Optimisme ini menular kepada Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Sahabat Petani yang berlokasi di Desa Mellangkenapadang, Kecamatan Sesenapang Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulbar. 

P4S ini bekerjasama dengan BPTP Sulawesi Barat untuk mengkaji pupuk kompos buatannya untuk lahan kentang. 

Dalam kaji terap lahan yang diuji sekitar 1/4 Ha, dosis pupuk kompos yang digunakan 15 ton/ha, dengan durasi waktu pengkajian sekitar 4 bulan. 


Hasil pengkajian ini diharap akan menemukan jumlah dosis dan bahan yang tepat untuk meningkatkan hasil produksi dari pertanaman kentang.yang ada di Kabupaten Mamasa, khususnya sekitaran kelompok binaan P4S Sahabat Petani. 

Jenis varietas kentang yang diuji menggunakan kompos tersebut yaitu Granola, Median dan Atlantik

"Adapun proses pengkajian ini tetap memperhatikan aspek keselamatan dan juga tetap mengikuti protokol kesehatan yang di himbau oleh pemerintah dalam menangkal penyebaran Covid-19 diantaranya dengan menjaga jarak dan menggunakan masker" , ungkap ketua P4S Sahabat Petani, Demianus Tarra yang terkenal dengan slogan "Bangga Jadi Petani". di Mamasa, Jumat (17/4/2020).


Ini sejalan dengan himbauan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedy Nusyamsi,  agar insan pertanian selalu menjaga kesehatan diri, keluarga dan lingkungan kerjanya, karena hanya dengan badan yang sehat maka aktivitas dapat dilakukan.

Damius Tarra berharap ,"semoga semangatnya ini dapat menjadi motivasi ke seluruh Kelompok P4S lainnya untuk tetap bekerja dalam  memenuhi pangan ditengah pandemi ini. (QBL/RSN/Al Az) BBPP-BK.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved