-->

Kamis, 14 Mei 2020

Siap Jaga Pangan, Poktan Agrosubur Panen Padi Bersama Penyuluh

Siap Jaga Pangan, Poktan Agrosubur Panen Padi Bersama Penyuluh





Sigapnews.com, Minahasa, (Sulut) - Pandemi corona virus  (Covid-19) tidak menyurutkan semangat para petani dan penyuluh di Kecamatan Sonder , Kabupaten Minahasa , Sulawesi Utara , untuk turun ke sawah  untuk menjaga kelangsungan kegiatan pertanian , mulai dari persiapan lahan, pemeliharaan , panen, hingga pengolahan untuk memenuhi kebutuhan pangan di tengah Pandemi covid 19.

Sesuai instruksi dari Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo diberbagai kesempatan mengatakan pertanian tidak boleh berhenti guna memenuhi kebutuhan pangan masyarakat. 

"Kementan akan terus optimalkan SDM Pertanian untuk menggenjot produksi dan Produktivitas bahkan ekspor,"tegas SYL.

Dalam arahannya juga , Syahrul menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada seluruh elemen pertanian mau terjun kelapangan dan dapat dipastikan optimis semua dapat dikendalikan dan diamankan bersama.

Terkait dengan instruksi  Menteri Pertanian, Kepala BPPSDMP Prof Dedi Nursyamsi mengingatkan bahwa masalah pangan adalah masalah yang sangat utama menentukan hidup matinya suatu bangsa , dimana petani tetap semangat tanam, semangat olah dan semangat  panen, ini membuktikan pertanian tidak pernah berhenti ditengah wabah covid-19 dan meminta kepada para penyuluh pertanian untuk tetap bekerja mendampingi para petani.

Pernyataan  tersebut langsung ditindaklanjuti dibeberapa daerah termasuk, Di Desa Tounelet 1, Kecamatan Sonder Kabupaten Minahasa, Kelompok Tani Agrosubur  melakukan panen padi. Poktan Agrosubur menanam padi varietas Ciherang. Berdasarkan data hasil ubinan yang dilakukan oleh Penyuluh Pertanian djenly muaja, , estimasi produktivitasnya adalah 7,0 ton/Ha. Kamis (14/5/2020).

Meskipun diintai Corona, Kami tetap semangat untuk Panen, karena panen tidak bisa ditunda , dengan tetap mematuhi instruksi Mentan melalui penyuluh tentang Protokol kesehatan sangat  kami patuhi, karena petani tak ingin tertular Virus Corona Kata Ketua Kelompok Tani Agrosubur mewakili petani setempat. BBPP-BK.

Penulis : Erma
Editor    : Al Aziz
Sumber : : Djenly Muaja (Penyuluh Pertanian)

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved