Kamis, 27 Februari 2020

Berhasil Memanfaatkan Peluang di Daerahnya, Demianus Bentuk P4S

Berhasil Memanfaatkan Peluang di Daerahnya, Demianus Bentuk P4S


Sigapnews.com, Mamasa - Damianus Tarra Seorang petani asal Mamasa yang tergabung dalam sebuah wadah kelompok tani "Sahabat Petani" Sukses dalam perjuangan bentuk Pusat Pelatihan Petani Pedesaan Swadaya (P4S) di Dusun Leppangan, Desa Mellangkena Padang, Kecamatan Sesenapadang,  kabupaten Mamasa, Provinsi Sulawesi Barat.


Damianus Tarra bersama 20 anggotanya yang dalam perjuangannya itu berawal di tahun 2016 dengan melihat keprihatinan warga Mamasa yang kurang memanfaatkan lahan utk menanam sayuran.

Demianus Tarra yang merupakan petani asli Mamasa dan juga sebagai penyuluh swadaya mengamati sekitar 150 motor yang membawa sayuran Polman ke Mamasa dimana dari pantauannya bahwa omzet tersebut per motor bisa dapat 1 juta rupiah dan jika dikalkulasi setiap sebulan bisa mencapai 4,5 M, dari pengamatan itulah seorang Damianus Tarra gunakan logika berpikirnya yang mengundang pertanyaan dalam benagnya "mengapa warga Mamasa tidak bisa memanfaatkan peluang ini?" Ungkapnya dengan hati bertanyanya- tanya. 


Berangkat dari alasan ini, Demianus Tarra mengajak petani setempat untuk memanfaatkan kekayaan alam yang bisa menambah penghasilan demi kesejahteraan hidup petani sedesanya dengan menanam bibit kentang. 

Saat itu bertepatan dengan hari perjuangan, 10 November 2016 kelompok tani "Sahabat Petani" beranggotakan 20 orang yang diketuai oleh Demianus Tarra memulai perjuangannya sehingga tanggal dan bulan tersebut bagi dirinya dan kelompoknya di jadikan sebagai hari perjuangan mereka.


Tanggal  dan bulan tersebutlah sebagai awal perjuangan kelompoknya menuju kesuksesan dan  mengantarkan dirinya dan kelompoknya untuk menjadi petani yang lebih baik lagi. 

Setahun berselang dalam perjuangan, kelompok tani ini berhasil melakukan ekspor kentang ke Pulau Kalimantan bekerjasama dengan CV. Karya Mutiara.


Seorang Demianus Tarra yang kini menjabat sebagai Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Kabupaten Mamasa yang terus menyebarkan slogan "Sebar Virus Bertani", "Ayo Bertani" dan "Bangga Menjadi Petani" masih belum puas dengan pencapaiannya, dirinya masih ingin membantu petani yang ada di daerahnya. 

Karena rasa belum puasnya akhirnya dengan petunjuk H. Jafar, seorang Demianus Tarra bersama kelompoknya mengajukan proposal ke Kementerian Pertanian untuk dibentuk Pusat Pelatihan Petani Pedesaan Swadaya (P4S) yang merupakan wadah belajar dan diskusi antar petani. 

Alhasil pada Oktober 2019, Kementerian Pertanian resmi membentuk P4S Sahabat Tani di Desa Mellangkenapadang Kecamatan Sesenapang Kabupaten Mamasa. 

Dengan terbentuknya P4S ini, Demianus Tarra berharap akan semakin banyak petani bisa belajar dan meningkatkan SDM-nya tentunya dengan berkoordinasi dengan Dinas Pertanian Kabupaten Mamasa agar " P4S Sahabat Petani " lebih dikenal di pemerintahan daerah dan berharap terbentuk lagi P4S yang lain di Mamasa dengan beberapa komoditi unggulan, ungkapnya Jumat 28/2/2020.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved