-->

Senin, 27 April 2020

Panen Ditengah Pandemi, Petani di Desa Mare-Mare Pertahankan Kualitas dan Kuantitas Padinya

Panen Ditengah Pandemi, Petani di Desa Mare-Mare Pertahankan Kualitas dan Kuantitas Padinya



Sigapnews.com, Selayar (Sulsel) - Kepulauan Selayar merupakan salah satu kabupaten yang terletak di bagian ujung Selatan Pulau Sulawesi, yang dihubungkan dengan Selat Selayar. 

Untuk memenuhi kebutuhan akan pangan Di Desa Mare-Mare Kecamatan Bontomanai Kabupaten Selayar melakukan Panen Padi seluas 2 Ha dengan Varietas Inpari 33 dan Inpari 4 dengan hasil produktifitas yang diperoleh 6,8 ton/Ha GKP. 

Kegiatan panen dilakukan oleh Kelompok Tani Mekar Sari yang diketuai oleh Bapak Jumatta.  Jumatta mengatakan bahwa panen padi ini tetap dilakukan walaupun wabah Corona masih terus melanda di negara Indonesia, namun walaupun begitu kita yakin bangsa ini harus tetap bangkit untuk memenuhi kebutuhan akan pangannya. 


Hal senada juga disampaikan oleh Ibu Andi Nasrianti, SP, selaku Penyuluh Pertanian yang membina di Wilayah Desa Mare-Mare. "Kami terus melaksanakan tugas meskipun ada kekhawatiran penyebaran Covid-9, dan kami terus mengajak masyarakat pertanian agar tetap terus bersemangat sekaligus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas komoditas pertanian serta memenuhi prosedur kesehatan saat bekerja  di sawah di tengah wabah Virus Corona," tutur Nasrianti, Senin (27/4/2020).

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam beberapa kesempatan yang menegaskan bahwa petani dan penyuluh adalah pahlawan. Garda terdepan di sektor pertanian yang menjadi harapan, tulang punggung dalam upaya Pemerintah menanggulangi Covid-19.

"Dalam situasi saat ini, spirit keluarga besar Kementan dan semua pelaku pembangunan pertanian termotivasi bekerja maksimal mendampingi petani," jelas Syahrul.

Dalam arahannya, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP), Prof Dr Dedi Nursyamsi M.Agr  menyatakan bahwa masyarakat Indonesia semua butuh pangan.

“Masyarakat Indonesia semua butuh pangan. Dari pangan yang sehat dan bergizi maka akan membuat imunitas tubuh yang kuat, otomatis membuat bangsa kita sehat. Dan ketersediaan pangan dan olahan yang sehat itu semua berkat kalian sebagai pahlawan pertanian, sebagai pejuang dalam melawan COVID-19 ini,” tegas Dedi. (BP/JML) BBPP-BK.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved