-->

Jumat, 13 Mei 2022

Hari Pertama Program TMDD 113 Hadirkan Penyuluh Pertanian di Mariorilau

Hari Pertama Program TMDD 113 Hadirkan Penyuluh Pertanian di Mariorilau

Sigapnews.com,Soppeng - Masih dalam Program kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-113 Kodim 1423 Soppeng kembali mengundang Dinas Pertanian Soppeng yang akan membagikan ilmunya kepada warga dirangkaikan pembagian bibit dan tanaman di Desa Mariorilau, kecamatan merioriwawo,Kabupaten Soppeng melalui penyuluhan. Jumat (13/05/2022).

Adapun bibit tanaman yang dibagikan kepada Warga :
1 Cabe rawit
2.Terong
3.Tomat
4.Jagung manis
5.kacang panjang
6.Sawi sawi
7.Kangkung
8.Pepaya Kalifornia
9.Pare ( Paria )
10.Polybag

Dalam sambutannya Penyuluh Pertanian Soppen, Naharuddin, SP
Mengatakan untuk memulai melaksanakan sesuatu di bidang pertanian berawal dari rencana dan niat yang tulus serta ikhlas untuk bekerja.

Segala sesuatu harus dicoba jangan terlalu berpikir dampak kerugiannya sehingga tidak ada Aksi atau tidak ada pelaksanaan.

Lebih lanjut dikatakan, sayuran, cabe rawit, terong tomat dilaksanakan pembibitan diusahakan tetap subur dengan memakai pupuk yang bisa dimanfaatkan seperti pupuk kandang yang berasal dari kotoran ternak kita seperti sapi ayam petelur dan lain-lain.

Manfaatkan segala fasilitas yang ada di sekitar kita pekarangan kita belakang rumah kita samping rumah kita yang potensial untuk tanaman tanaman cabe tomat sayuran dan lain-lain dan kita usahakan dipagari agar tidak terjadi gangguan dari ternak tetangga atau gangguan lainnya

Untuk tanaman jagung manis dimanfaatkan lahan-lahan yang produktif yang saat ini belum di manfaatkan dan yang sudah ada di jaga dengan baik.

“Dalam giat penyuluhan ini kami menyampaikan materi tentang ketahanan pangan yang mencakup pertanian dan organisasi kelompok tani di masyarakat,” jelas penyuluh, Naharuddin.

Koordinator DPP Pertanian Kec.Marioriwawo H.Muh.Saleh, S.Pt
menganjurkan membuat lahan untuk bertani bukan sekedar dilaksanakan di tanah namun bisa diusahakan dengan memakai polybag bambu atau apa yang bisa tumbuh tanaman tersebut.

Memanfaatkan segala kekurangan yang berpotensi untuk lahan pertanian jangan berpikir bahwa sesuatu tidak mempunyai lahan
Dan siapkan untuk pembibitan setelah pembibitan dilaksanakan atau menyiapkan lahan untuk penanaman

Ia juga menjelaskan bahwa Untuk pupuk tanaman bisa dimanfaatkan dari pupuk kandang kotoran hewan, seperti kotoran ayam petelur yang bisa di manfaatkan. Kami bersama para TNI siap selalu membantu dan mengharapkan dukungan dari masyarakat untuk meningkatkan pertanian demi meningkatkan ekonomi masyarakat

Menurutnya, Pada tanaman sayur-sayur yang akan kita konsumsi adalah sayur yang sehat dalam hal ini tidak tercemar dengan zat-zat kimia.

Saya minta kesepakatan dari bapak dan ibu dalam hal ini adalah kerjasama kita perlihatkan kekompakan menanam,seperti Lombok pepaya diawali dengan melakukan pembibitan kecuali untuk kangkung bisa kita langsung di lahan.katanya

Dalam pelaksanaanTMMD kita perlihatkan kebersamaan kita dan selalu koordinasi kepada bapak kepala desa apa yang harus kita perbuat.

“Sosialisasi pertanian ini juga bertujuan untuk menjalin serta, mempererat hubungan silahturahmi dengan masyarakat dan TNI ,” tutup H.Muhammad Saleh.

Hadir pada kegiatan tersebut
1. Penyuluh Pertanian kabupaten Naharuddin, SP
2.Pasiter Kapt.Inf.Nasruddin
3.Kepala Desa Mariorilau A.Mappatunru
4.Kordinator BPP Pertanian Kec.Marioriwawo H.Muh.Saleh, S.Pt
5.Penyuluh Pertanian lapangan Desa Mariorilau Kamaruddin,SP
6.Para Aparat Desa Mariorilau
7.Para Tokoh Agama, tokoh Adat, tokoh Masyarakat Desa Mariorilau Kec.Marioriwawo.
8.Para hadirin masyarakat Desa Mariorilau kurang lebih 30 orang.

red

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved