Jumat, 24 April 2020

Alternatif Peningkatan Kompetensi SDM Pertanian melalui pembelajaran e-Learning berhasil ditengah Pandemi Covid-19

Alternatif Peningkatan Kompetensi SDM Pertanian melalui pembelajaran e-Learning berhasil ditengah Pandemi Covid-19



Sigapnews.com, Semakin merebaknya pandemi Covid-19 membuat Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumberdaya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian, Dedi Nursyamsi  meminta seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) lingkup BPPSDMP terutama Pusat Pelatihan Pertanian (Puslatan) untuk menunda pelatihan konvensional agar dapat menerapkan social distancing dan mengatur physical distancing antar peserta pelatihan maupun dengan fasilitatornya. 

Oleh karena itu kepala BPPSDMP melalui Puslatan memiliki terobosan baru pembelajaran online (daring) dengan menerapkan e-Learning puslatan.


Saat ini dengan e-Learning materi pembelajaran pertanian dapat di akes dengan alamat elearningpuslatan.com. 

Di sana kita dapat mengikuti Pelatihan Teknis Pertanian dan Peternakan, Pelatihan Manajemen, Pelatihan IT dan beberapa pelatihan lainnya yang diterapkan secara online. Materi yang disajikan juga sangat dinamis dan selalu mengikuti perkembangan ilmu dan teknologi dibidang pertanian saat ini.

Kamis, 23 April 2020 Kepala Pusat Pelatihan Pertanian, Bustanul Arifin Caya membuka Pelatihan Pengoperasian dan Perawatan ALSINTAN Traktor Roda 4, dalam arahannya beliau berharap agar “seluruh peserta baik petani hingga penyuluh dapat meningkatkan keterampilan mereka sehingga bantuan ALSINTAN yang tersebar dapat dimanfaatkan/dioperasikan untuk lebih meningkatkan kontribusi terhadap provitas yang nyata” ujarnya.


Harapan yang samapun juga dilontarkan Sabir, Kepala Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Batangkaluku, beliau sangat yakin pelatihan ini dapat menjadi alternatif untuk terus meningkatkan kompetensi SDM Pertanian kita ditengah wabah Covid-19 ini.

"Saat ini belajar itu dapat dilakukan dimana saja tanpa terbatas jarak, ruang dan waktu. Semua harus berubah dan mengikuti perkembangan jaman, bila tidak maka kita akan jauh tertinggal, "Pungkasnya.


Adapun jadwal Puslatan On Cloud ini dilaksanakan tiap hari Selasa dan Kamis. Kegiatan inipun terbagi atas 2 Sesi yakni pagi pukul 08.00 – 09.00 dan 13.00-14.00 tutup Ramadani Saputra, Kabid Program dan Kerjasama Pusat Pelatihan Pertanian.(INDR/AL-Az) BBPP-BK.

Read other related articles

Also read other articles

© Copyright 2019 SIGAPNEWS.COM | All Right Reserved